Fasilkom UI Buka 12 Mata Kuliah MOOC Gratis Jenjang Sarjana

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Fasilkom UI Buka 12 Mata Kuliah MOOC Gratis Jenjang Sarjana

Depok, 20 Juli 2023 – Dampak serta pengaruh teknologi dalam penyelenggaraan pendidikan terutama di perguruan tinggi kian lama makin terasa. Hal tersebut ditandai kehadiran mata kuliah daring yang masif atau dikenal dengan istilah, Massive Open Online Courses (MOOC). Di lingkungan Universitas Indonesia (UI) khususnya di Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI menjadi sebuah sarana pendidikan yang mengedepankan prinsip keterbukaan dengan memanfaatkan layanan teknologi informasi sehingga para peserta dapat mengikuti perkuliahan secara jarak jauh dengan metode asinkronous.

Pada semester gasal 2022/2023, Fasilkom UI menawarkan 12 mata kuliah MOOC gratis tanpa dipungut biaya apa pun (non-kredit) dalam bidang ilmu komputer dan sistem informasi yang tersedia bagi para peserta pendidikan perguruan tinggi jenjang sarjana. Teknis pelaksanaan yakni, setiap peserta yang sudah terdaftar bisa mengakses materi pembelajaran daring yang dikelola oleh masing-masing dosen pengampu. Materi perkuliahan dapat disimak melalui rekaman video dan membaca bahan perkuliahan yang dibagikan secara daring. Terkait pertanyaan maupun diskusi, mahasiswa dapat memanfaatkan forum diskusi pada platform pembelajaran yang disediakan pihak UI.

Mata kuliah MOOC yang tersedia di Fasilkom UI berfokus pada dua program studi yaitu ilmu komputer dan sistem informasi. Untuk program studi ilmu komputer tersedia mata kuliah Test-Driven Development berbasis Java; Pengantar Scripting; Singular Value Decomposition ; Pengenalan Sofware Defined Networking; Pengenalan DevOps; Pengantar Protokol Komunikasi Real-Time; Pengantar Ilmu Warna; dan UI UX: Konsep dan Pengukuran.

Sedangkan untuk program studi sistem informasi peserta juga diberikan pilihan dengan beberapa mata kuliah yakni, Pengantar Teknologi Blockchain yang mampu memberikan pengalaman dasar tentang permasalahan fundamental yang melatarbelakangi konsep Blockchain yang sedang berkembang saat ini. MOOC Fasilkom UI non-kredit pada program studi ini juga menyediakan mata kuliah Community of Inquiry Framework yang ditujukan bagi peserta yang notabene nya pengajar dan tertarik dengan pembelajaran daring asinkron melalu forum diskusi daring. Bagi para peserta yang berminat untuk memulai merintis suatu ide bisnis, MOOC Fasilkom UI juga menyediakan mata kuliah Pengantar Kewirausahaan yang membahas seputar konsep dasar, pola pikir dan dampak yang diperoleh dalam suatu ide bisnis.

Melihat hal tersebut Dekan Fasilkom UI, Dr. Petrus Mursanto mengatakan bahwa, “Dalam mendukung program merdeka belajar, Fasilkom harus melakukan pengembangan dan penguatan materi belajar seperti MOOC yang berkualitas dan mudah diakses oleh masyarakat.”

Ke 12 Mata kuliah tersebut nantinya akan diajarkan langsung oleh dosen ahli di bidangnya masing-masing, di antaranya adalah Prof. T. Basaruddin, Ph.D; Prof. Dr. Kasiyah Junus; Dr. Panca Hadi Putra; Dr. Eng. Laksmita Rahadianti; Dr. Ade Azurat; Muhammad H. Hilman, Ph.D; dan Ari Wibisono, M.Kom.

Mata kuliah MOOC merupakan sarana efisien untuk berbagi ilmu sehingga pengajaran yang dilakukan di Fasilkom UI juga bisa diakses masyarakat luas di luar lingkungan fakultas. Pada akhirnya MOOC, Fasilkom UI mampu menyediakan akses yang luas dan adil, serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas. Daftar lengkap 12 mata kuliah yang ditawarkan Fasilkom UI dapat diakses melalui halaman web berikut: https://cs.ui.ac.id/mooc2023