Human Information Science Hub JAIST-UI-ITB : Menuju Komunikasi Multimodal Human-AI di Masyarakat 5.0

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Human Information Science Hub JAIST-UI-ITB : Menuju Komunikasi Multimodal Human-AI di Masyarakat 5.0

Simposium internasional “Human Information Science Hub JAIST-UI-ITB: Toward Multimodal Human-AI Communication in Society 5.0” diselenggarakan pada 23 Januari 2023. Simposium ini bertujuan untuk membentuk science hub – penelitian kolaboratif penuh antara peneliti dan akademisi Japan Advanced Institute of Science & Technology (JAIST, Jepang), Universitas Indonesia (UI, Indonesia) dan Institut Teknologi Bandung (ITB, Indonesia).

Associate Professor Sakriani Sakti bertindak sebagai principal investigator (PI) dan perwakilan JAIST. Tiga laboratorium penelitian bergabung dengan tim di sisi JAIST, termasuk Unoki-Lab, Okada-Lab, dan Sakti-Lab. Selain itu, dari pihak Indonesia, beberapa lab yang berkaitan dengan pemrosesan bahasa alami, pemrosesan bahasa lisan, dan pemrosesan gambar dari Fakultas Ilmu Komputer (UI) dan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (ITB) juga bergabung dalam tim.

Para peserta simposium

Simposium ini menandai inisiatif untuk penelitian kolaboratif penuh. Ini juga menyediakan forum bagi para peneliti dan akademisi di Jepang dan Indonesia untuk berbagi pencapaian dan tantangan dalam mengembangkan teknologi inovatif untuk mencapai komunikasi manusia-mesin yang terkait dengan pemrosesan bahasa alami, pemrosesan ucapan, pemrosesan gambar, dan interaksi multimodal. Mewakili UI, Dekan Fakultas Ilmu Komputer UI, Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc menghadiri pertemuan tersebut dan memberikan kata pengantar.

Rinciannya, simposium dilakukan secara daring dengan total peserta 32 orang. Acara dimulai dengan sambutan dari pihak eksekutif dan perwakilan dari JAIST dan pihak Indonesia. Kemudian, pada sesi kedua, kami dipresentasikan oleh para peneliti/akademisi dari JAIST, UI, dan ITB untuk memperkenalkan pengalaman penelitian dan teknologi mereka dalam mengembangkan AI untuk komunikasi manusia-mesin. Setelah itu, di sesi ketiga, kami berdiskusi intensif tentang Kerjasama Riset Science Hub JAIST-UI-ITB.

Kegiatan ini juga mencapkup presentasi tentang penelitian yang sedang berlangsung oleh mahasiswa atau peneliti muda dari JAIST, UI, dan ITB. Presentasi penelitian mahasiswa UI dan ITB ini merupakan hasil kerjasama awal JAIST-UI-ITB melalui program pertukaran JST Sakura Science dimana sepuluh mahasiswa UI dan ITB melakukan kerja penelitian di Sakti-Lab (Human-AI Communication, Co-Learning , & Collaborative Intelligence Research Laboratories) selama 5-25 Januari 2023.

This page is also available in: English