Prodi Doktor Ilmu Komputer dan Magister Ilmu Komputer UI Raih Akreditasi Peringkat “UNGGUL” Pendidikan Tinggi

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Announcement > Prodi Doktor Ilmu Komputer dan Magister Ilmu Komputer UI Raih Akreditasi Peringkat “UNGGUL” Pendidikan Tinggi

Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (LAM INFOKOM) memberikan peringkat akreditasi Unggul pada program studi (prodi) Doktor Ilmu Komputer (DIK) dan Magister Ilmu Kompuer (MIK) Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) melalui Surat Keputusan (SK) 006/SK/LAM-INFOKOM/Ak/D/XII/2022 dan juga 132/SK/LAM-INFOKOM/Ak/M/XII/2022. 

Terhitung sejak 15 Maret 2022, LAM INFOKOM telah menyelenggarakan kegiatan penyamaan persepsi dan penyegaran asesor yang sebelumnya menjadi asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). UI melalui Fasilkom menjadi institusi yang pertama mendulang status predikat Unggul untuk jenjang doktoral dan juga magister di bidangilmu komputer.

Dekan Fasilkom UI, Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc. mengatakan Fasilkom UI harus menjadi institusi terdepan dalam mengembangkan ilmu komputer dan teknologi informasi di Indonesia. “Dengan hasil capaian akreditasi Unggul prodi MIK dan DIK, saya berharap para mahasiswa khususnya prodi MIK maupun DIK mampu menciptakan, mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk peningkatan daya saing bangsa,” kata Dekan Mursanto. 

Prodi MIK sendiri menekankan integrasi antara pendidikan pascasarjana dan kegiatan riset. Mahasiswa diharapkan terlibat aktif dalam riset di Fakultas Ilmu Komputer UI. Kurikulum program studi MIK disusun sedemikian rupa sehingga mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pengetahuan yang luas dan pengalaman meneliti dalam bidang ilmu komputer. Pilihan-pilihan mata kuliah diberikan supaya mahasiswa dapat menyusun program pendidikannya sesuai dengan minat risetnya. Kurikulum prodi MIK dirancang untuk diselesaikan dalam empat semester, dan paling lama adalah enam semester, dilaksanakan dengan beban studi 40 SKS.

Adapun kurikulum prodi DIK dirancang dan disusun sedemikian rupa sehingga para mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pengetahuan yang luas dan pengalaman melakukan riset dalam bidang-bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) seperti ilmu komputer, sistem informasi, rekayasa perangkat lunak, dan lain-lain. Kurikulum prodi DIK dirancang untuk diselesaikan dalam enam semester, dan paling lama adalah 10 semester, dilaksanakan dengan beban studi 46 SKS.

Penjelasan lebih lengkap terkait dengan prodi MIK dan DIK UI dapat diakses pada laman https://cs.ui.ac.id/magister-ilmu-komputer/ dan https://cs.ui.ac.id/doktor-ilmu-komputer/. Prodi MIK memiliki beberapa program penyelenggaraan seperti Fast Track Sarjana-Magister, Double Degree dengan Technische Universität Dresden (Jerman), Program Kemitraan Negara Berkembang, dan akan membuka skema Magister melalui program UI GREAT (UI Degree Scholarship for International Student). Untuk info lengkap mengenai penerimaan calon mahasiswa dapat diakses pada laman https://penerimaan.ui.ac.id.

Untuk informasi lengkap mengenai status akreditasi mengenai prodi bisa diakses pada laman https://laminfokom.or.id/official/index.html.

This page is also available in: English