Kontingen Universitas Indonesia (UI) yang didominasi oleh para mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI sukses meraih dua emas, tiga perak dan dua perunggu dalam perlombaan Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) XV yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. Tahun ini GEMASTIK digelar untuk ke-15 kalinya bertemakan “TIK untuk Indonesia Pulih Cepat Bangkit Lebih Kuat” yang digelardi Universitas Brawijaya, Malang sebagai tuan rumah GEMASTIK tahun ini.
Beberapa tim dari kontingen UI sukses meraih medali di 5 dari 11 divisi perlombaan dan menjadi finalis di 8 divisi perlombaan lainnya. Divisi perlombaan yang sukses dimenangkan antara lain, Keamanan Siber (Cyber Security), Pemrograman (Programming), Penambangan Data (Data Mining), Desain Pengalaman Pengguna (UX Design), dan Smart Device, Embedded System & IoT.
Dekan Fasilkom UI, Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc., sangat mengapresiasi prestasi tersebut, menurutnya kolaborasi dan kerja sama yang terjalin antara mahasiswa dan dosen pembimbing membuat berbagai karya dan inovasi lahir untuk mendukung percepatan pemulihan pasca pandemi COVID-19. “Selamat untuk prestasi mahasiswa kita di GEMASTIK XV, terima kasih untuk para pembimbing dan pendamping, semoga tahun depan bisa lebih baik,” kata Dekan Mursanto.
Dalam kejuaraan ini, UI berhasil menduduki lima dari 11 divisi cabang yang dilombakan, baik dengan format pertandingan maupun kompetisi karya. 11 divisi cabang lomba tersebut adalah Pemrograman (Programming), Keamanan Siber (Cyber Security), Penambangan Data (Data Mining), Desain Pengalaman Pengguna (UX Design), Animasi (Animation), Kota Cerdas (Smart City), Karya Tulis Ilmiah TIK (ICT Scientific Paper), Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development), Piranti Cerdas, Sistem Benam & IoT (Smart Device, Embedded System & IoT), Pengembangan Aplikasi Permainan (Game Development), dan Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development).
Tim Fasilkom UI sukses meraih Juara I dalam cabang Cyber Security dan Pemograma. Serta Juara II untuk kategori cabang data miningdan UX Design, dan Juara III dalam cabang Smart Device, Embedded System & IoT. Sedangkan untuk 8 divisi cabang lainnya kontingen UI mendapuk 9 tim yang masuk sebagai finalis dalam perhelatan GEMASTIK ke-15 tersebut.
Berikut nama tim, anggota serta para pembimbing kontingen UI yang meraih medali di GEMASTIK XV tahun 2022:
Berikut nama tim, anggota serta para pembimbing kontingen UI yang meraih medali di GEMASTIK XV tahun 2022:
Cabang Lomba Cyber Security
Juara 1: 2 kating 1 dicarry
Pembimbing: Bapak Amril Syalim, S.Kom., M.Eng., Ph.D.
- Prajna (IK ’19)
- Gregorius Bhisma (IK ’20)
- Muhammad Faishol Amirul Mukminin (IK ’19)
Cabang Lomba Pemrograman
Juara 1: Pick a team name For Me
Pembimbing: Bapak Denny, S.Kom., M.I.T., Ph.D.
- Pikatan Arya Bramajati (IK ’21)
- Abdul Rafi (IK ’21)
- Fernando Nathaniel Sutanto (IK ’21)
Juara 2: sqrt9GAG
Pembimbing: Denny, S.Kom., M.I.T., Ph.D.
- Mahartha Gemilang (IK ’22)
- Muflih Naufal Maxi (IK ’21)
- Arvin (IK ’22)
Cabang Lomba Penambangan Data (Data Mining)
Juara 2: semogaSukses
Pembimbing: Dr. Eng. Laksmita Rahadianti, S.Kom., M.Sc.
- Harakan Akbar (SI ’19)
- Mardianto (IK ’19)
- Daniel Syahputra Purba (SI ’19)
Cabang Lomba UX Design
Juara 2: Si Paling UX
Pembimbing: Bapak Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
- Hafiz Bhadrika Alamsyah (SI ’19)
- Rayhan Maulana Akbar (SI ’19)
- Muhammad Raihan Andriqa (SI ’19)
Cabang Lomba Embedded System & IoT
Juara 3: Sensamakara
Pembimbing: Ari Wibisono, S.Kom., M.Kom
- Muhammad Haitsam Sidqy (TB ’20)
- Ketut Ivan Sridana (TK ’20)
- Juan Dharmananda Khusuma (IK ’22)
Cabang Lomba Data Mining
Juara 3: Three Neurons
Pembimbing: Dr. Eng. Laksmita Rahadianti, S.Kom., M.Sc.
- Made Swastika Nata Negara (IK ’21)
- Bryan Tjandra (IK ’21)
- Nyoo Steven Christopher (IK ’21)
Tim Finalis Cabang Data Mining
Tim: 3M
Pembimbing: Dr. Eng. Laksmita Rahadianti, S.Kom., M.Sc.
- Rio Fernando Alexander (Ilmu Administrasi ’22)
- Machffud Tra Harana Vova (IK ’19)
- Darren Ngoh (IK ’19)
Tim Finalis Cabang UX Design
Tim: dengan izin Allah dan restu mama papa
Pembimbing: Bapak Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
- Faatihah Tharra Sabbih (SI ’19)
- Mayfa Shadrina Siddi (SI ’21)
- Melati Eka Putri (SI ’20)
Tim Finalis Cabang Data Mining
Tim: GEA
Pembimbing: Bapak Alfan Farizki Wicaksono, S.Kom., M.Sc., Ph.D.
- Eryawan Presma Yulianrifat (IK ’22)
- Belati Jagad Bintang Syuhada (IK ’22)
- Ghana Ahmada Yudistira (SI ’22)
Tim Finalis Cabang Pengembangan Bisnis TIK
Tim: JanjiGaKalah
Pembimbing: Yekti Wirani, S.Kom.,M.Kom.
- Nafis Azizi Riza (IK ’21)
- Helga Syahda Elmira (SI ’20)
- Achmad Fikri Adidharma (IK ’19)
Tim Finalis Cabang Pemrograman
Tim: Ketua Alif bisa nyalakan kamera
Pembimbing: Denny, S.Kom., M.I.T., Ph.D.
- Dewangga Putra Sheradhien (IK ’19)
- Muhammad Alif Saddid (IK ’19)
Tim Finalis Smart City
Tim: NARARI
Pembimbing: Ibu Betty Purwandari, S.Kom., M.Sc., Ph.D.
- Farah Husna Nabilah (SI ’19)
- Tsanaa Patricia Khonsaa (SI ’19)
- Ferika Hafshah Zahira (SI ’19)
Tim Finalis Pengembangan Perangkat Lunak
Tim: San-A Tech
Pembimbing: Betty Purwandari, S.Kom., M.Sc., Ph.D.
- Aynun Nissa Setiawan (SI ’19)
- Alfina Megasiwi (IK ’19)
- Annisa Devi Nurmalasari (IK ’21)
Tim Finalis Keamanan Siber
Tim: You Are Not CBFadal
Pembimbing: Amril Syalim, S.Kom., M.Eng., Ph.D.
- Mohammad Ferry Husnil Arif (IK ’21)
- Aushaaf Fadhilah Azzah (IK ’21)
- Rahfi Alyendra Gibran (IK ’21)
Rangkaian perlombaan ini telah berlangsung sejak Oktober 2022. Acara terdiri atas pendaftaran perguruan pinggi/tim, Pra-lomba, unggah proposal/penyisihan daring, masa penjurian penyisihan, pengumuman daftar finalis, dan babak final serta puncak acara. Pada Kamis (24/11/2022) lalu, gelaran ini diakhiri dengan upacara penutupan, pengumuman Pemenang, dan penyerahan hadiah yang diadakan di Universitas Brawijaya Malang sebagai tuan rumah penyelenggaraan GEMASTIK XV. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia agar mampu berperan sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya. Selain itu, program ini diharapkan dapat menjadi sarana pendukung demi terciptanya inovasi di bidang teknologi, khususnya TIK yang berdampak bagi masyarakat luas.
This page is also available in: English