Fasilkom UI Menggelar Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) Program Studi Sarjana Tahun Akademik 2022/2023 Secara Luring

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Announcement > Fasilkom UI Menggelar Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) Program Studi Sarjana Tahun Akademik 2022/2023 Secara Luring

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) resmi menyambut para mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023 pada 18,19, dan 20 Agustus 2022 melalui serangkaian acara Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF). Dekan Fasilkom UI, Dr. Petrus Mursanto dalam pidato pembukaan acara PSAF Fasilkom UI menyampaikan optimalisasi kinerja akademik bagi mahasiswa baru menjadi kunci dalam menjalani pendidikan di Fasilkom UI. Ia menegaskan jika PSAF Fasilkom UI menjadi sebuah ajang perkenalan bagi para mahasiswa baru Fasilkom UI dengan tujuan agar fasiltas apa saja yang dapat menunjang para mahasiswa selama mengemban pendidikan di Fasilkom UI. “PSAF ini adalah agenda rutin yang Fasilkom UI lakukan untuk menyambut mahasiswa baru (strata satu) tentunya dalam agenda ini mahasiswa diperkenalkan dengan kehidupan kampus sekaligus berisi tentang peraturan yang diterapkan terutama peraturan akademik yang di dalamnya meliputi kegiatan kemahasiswaan, fasilitas, infrastruktur fakultas demi menunjang suksesnya para mahasiswa menyelesaikan studi di Fasilkom UI,” tuturnya.

Dekan Fasilkom UI, Dr. Petrus Mursanto dalam pidato Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) di Gedung baru Fasilkom UI, Depok. (Humas Fasilkom UI)


Kegiatan PSAF Fasilkom UI ini berlangsung selama tiga hari dan diisi dengan beberapa sesi rangkaian acara antara lain, tur kampus gedung lama dan gedung baru Fasilkom UI Depok; penjelasan peraturan akademik oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan Bapak Ari Saptawijaya, Ph.D.; penjelasan kurikulum kelas internasional program studi sarjana sistem informasi oleh Dr. Putu Wuri Handayani beserta program studi sarjan ilmu komputer oleh Bapak Alfan Farizki Wicaksono, Ph.D.; dan juga para mahasiswa baru Fasilkom UI berkesempatan memasuki sesi pertemuan dengan para dosen pembimbing akademik guna perkenalan sekaligus nantinya dapat menentukan dengan siapa mereka akan memilih untuk berkonsultasi mengenai rencana pendidikan selama menempuh program sarjana di Fasilkom UI. Dilanjut dengan sesi pengenalan fasilitas dan infrastruktur, perwakilan manajemen perpustakaan Fasilkom UI, Ibu Suliyati menjelaskan mekanisme peminjaman buku serta tata cara berkunjung ke perpustakaan Fasilkom UI, dan perwakilan unit Fasilitas Umum (Fasum) Fasilkom UI diwakili oleh Bapak Harry Sunarto menjelaskan mekanisme fasilitas yang ada di gedung lama dan baru Fasilkom UI serta fasilitas seputar Building Management.

Selain hal akademis, acara PSAF Fasilkom UI tahun ini terasa berbeda usai hampir dua tahun tidak ada kegiatan offline PSAF. Melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fasilkom UI, sesi pertunjukan Unit Kegiatan Fakultas (UKF) Fasilkom UI. Terdapat empat UKF yang di promosikan oleh para mahasiswa angkatan 2021 kepada mahasiswa antara lain, UKF musik ASCIIPELLA; UKF seni Teater Biru Merah; UKF Bina Insan Cinta Menari; UKF fotografi Flocs; UKF film Computer Science Sineas hingga sesi kemahasiswaan oleh Dipta Tanaya, M.Kom dan ditutup bincang bintang bersama Rafi Putra Arriyan alumni Fasilkom UI angkatan tahun 2011 yang kini dikenal sebagai eksekutif muda salah satu pendiri aplikasi finansial teknologi ‘Flip’.

Para mahasiswa baru Fasilkom UI 2022 tampak antusias dalam rangkaian kegiatan acara PSAF. (Humas Fasilkom UI)

Lebih lanjut Dekan Fasilkom UI menambahkan jika harapannya melalui PSAF Fasilkom UI tahun ini dapat menjadikan para peserta didik baru mengoptimalkan kinerja akademik agar lulus tepat waktu. “Dengan mengenali apa saja yang tersedia, aturan yang diterapkan, mereka akan tahu bagaimana cara Fakultas atau UI untuk mengukur kinerjanya. Dengan tahu bagaimana caranya diukur, mereka akan bisa lebih optimal melakukan perbaikan, kinerja akademik sehingga memenuhi harapan dengan standar yang sudah ditetapkan. Dengan begitu, diharapkan mereka semua akan bisa lulus tepat waktu dengan hasil yang paling optimal,” tutupnya.