UI Open Days 2022: Fasilkom UI Siap Cetak Lulusan Terbaik Dunia

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Announcement > UI Open Days 2022: Fasilkom UI Siap Cetak Lulusan Terbaik Dunia

Kegiatan UI Open Days 2022 resmi dibuka secara daring mengingat pemerintah masih mengantisipasi langkah penyebaran virus COVID-19 pada 21-22 Juni 2022. Dalam sambutan pembuka UI Open Days 2022, Sekretaris Universitas Indonesia, Dr. Agustin Kusumayati mengatakan jika masa akhir Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah masa yang berat, karena pilihan bagi para calon mahasiswa baru saat ini adalah menjadi pilihan penting untuk memilih pendidikan tinggi sekaligus menjadi penentu kehidupan ke depan.

UI Open Days 2022 memiliki rangkaian acara yang terdiri dari talkshow, presentasi dari 14 fakultas, 2 sekolah pascasarjana, 1 program pendidikan vokasi dan virtual booth. Kegiatan ini didukung oleh stand guide dari masing-masing fakultas yang berada di UI, salah satunya Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom UI) diberikan ruang untuk mempresentasikan pengenalan Fasilkom UI dan kelas internasional di depan para calon mahasiswa baru serta orangtua siswa yang hadir dalam virtual booth. Mereka ingin mengetahui lebih dekat tentang apa yang perlu dipersiapkan untuk dapat masuk Fasilkom UI dan bagaimana gambaran tentang perkuliahan, prospek kerja lulusan serta perbedaan antara ilmu komputer dan sistem informasi. Pada hari pertama ada Talkshow  Kelas Khusus Internasional (KKI) yang menjelaskan semua program studi kelas internasional yang ada di UI. Untuk Fasilkom diwakilkan oleh Koordinator Program Studi Ilmu Komputer dan Kelas Internasional, Alfan Farizki Wicaksono, Ph.D. Dalam sesi ini calon mahasiswa dapat langsung tanya-jawab mengenai informasi seputar kelas internasional dan universitas mitra yang bekerjasama dengan Fasilkom UI.

Keseruan di Virtual Booth Fasilkom UI

Pada hari kedua UI Open Days 2022 ada sesi presentasi pengenalan Fasilkom oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan Fasilkom UI, Ari Saptawijaya, Ph.D. Sekaligus sesi tanya jawab yang dimoderatori oleh Sendi Lokawati, Perwakilan Humas Fasilkom. Ia menanggapi jika tema acara tahun ini adalah kampus merdeka yang berarti para calon mahasiswa UI khususnya Fasilkom memiliki program persiapan untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

“Visi Fasilkom UI adalah menjadi pusat unggulan di bidang ilmu komputer dan teknologi informasi dengan beberapa misi antara lain; menghasilkan lulusan yang mampu untuk bersaing di pasar global, menciptakan, mengembangkan serta menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk peningkatan daya saing bangsa.” kata Ari Saptawijaya.

Ia juga menegaskan nantinya calon mahasiswa baru Fasilkom UI akan mendapatkan program kampus merdeka di mana program tersebut menjadi suatu fokus dunia pendidikan tinggi khususnya di Fasilkom UI. “Kampus merdeka maksudnya adalah sebuah program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI yang memberikan kemudahan di antaranya mahasiswa Fasilkom nantinya dapat magang di perusahaan-perusahaan. Kemudian para mahasiswa juga dapat study independent di perusahaan pilihan. Dan program student exchange untuk mencari pengalaman tetapi tidak mendapatkan gelar ganda seperti kelas internasional. Lalu ada Kerja Praktik (KP) tujuannya adalah melihat keluar seperti apa dan mampu mempraktikan hasil belajar para mahasiswa pada semester-semester awal sejak berkuliah di Fasilkom UI.” tutupnya.

Diharapkan dengan adanya UI Open Days 2022 para calon mahasiswa baru dapat memperoleh informasi mengenai jalur penerimaan UI serta proses penerimaan mahasiswa baru, program studi yang ditawarkan, kesempatan beasiswa, prestasi mahasiswa dan informasi mengenai fakultas yang dituju khususnya Fasilkom UI.

Semangat untuk teman-teman yang ingin masuk Fasilkom UI, kami tunggu!