Gelar Karya Seni Fasilkom UI Integrasikan Seni Dengan Teknologi

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Gelar Karya Seni Fasilkom UI Integrasikan Seni Dengan Teknologi

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) resmi menggelar acara Gelar Karya Seni Fasilkom UI (GKF) dengan tema “Merawat Keberagaman Dengan Berkesenian” di Makara Art Center UI, Depok, Jawa Barat pada tanggal 13-15 Juni 2022. Pembukaan GKF dilaksanakan pada 13 Juni 2022 serta ditandai dengan pemukulan gong oleh Dekan Fasilkom UI, Dr. Petrus Mursanto dan ditutup dengan acara puncak seperti diskusi musik, film, wastra (kain) dan pertunjukan musik Uluwatu orchestra dan OSUI Mahawaditra.

Dekan Fasilkom UI, Dr. Petrus Mursanto dan Kepala MAC UI, Dr. Ngatawi Al-Zastrouw mengunjungi booth pameran gelar karya seni (GKF) di Makara Art Center UI

Dewasa ini, pertumbuhan serta perkembangan budaya tanah air begitu cepat. Hal ini menandai Fasilkom UI turut andil dalam menunjang perkembangan budaya warisan tanah air. Melalui GKF, Fasilkom UI beserta sivitas akademika berusaha mengekspresikan persatuan dalam keberagaman seni dan budaya serta mengingatkan kepada masyarakat bahwa pentingnya interaksi seni dan budaya secara terbuka melalui beberapa rangkaian pameran seperi fotografi, lukisan, wastra dan pertunjukan drama musikal tanah air.

 
Aya (Sekretaris Pimpinan Fasilkom UI) dan Raja Oktovin (Dosen muda Fasilkom UI) sedang menyanyikan lagu Layang-layang ciptaan Dr. Yugo Isal yang menjadi sound track drama musikal Indah Dalam Praduga (IDP) di Makarta Art Center UI, Depok (15/06)

GKF juga menampilkan film drama musikal berjudul Indah Dalam Praduga (IDP) menceritakan drama percintaan segitiga anak manusia yang terinsprasi dari mahakarya lagu ciptaan dosen Fasilkom UI, Dr. Yugo Isal. Tidak sampai disitu, IDP juga menyuguhkan perpaduan seni pertunjukan dengan teknologi terkini, diharapkan dapat merangkul tunarungu yang memilki hambatan pendengaran, tetap dapat menikmati alur ceritanya dengan baik.

Teknologi yang digunakan dalam drama musikal IDP adalah sebuah aplikasi penerjemah teks bahasa Indonesia menjadi gerakan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) yang mampu menerjemahkan dialog serta lirik lagu-lagu yang dibawakan oleh para aktor ke dalam sebuah animasi tiga dimensi, buah karya tim peneliti Fasilkom UI yang dipimpin oleh Dr. Erdefi Rakun. Diharapakan kedepannya Fasilkom UI dapat terus memberikan warna dalam hal pelestarian seni dan budaya yang berkesinambungan melalui integrasi dengan teknologi.