Fasilkom UI Sambut Kunjungan FTI UAJY Tukar Wawasan Penyelenggaraan Program Pascasarjana dan PJJ

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Announcement > Fasilkom UI Sambut Kunjungan FTI UAJY Tukar Wawasan Penyelenggaraan Program Pascasarjana dan PJJ

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menerima kunjungan studi banding Fakultas Teknologi Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FTI UAJY) terkait program pascasarjana dalam hal ini program doktor dan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kiprah Fasilkom UI sebagai fakultas perguruan tinggi negeri dengan pengalaman yang cukup lama dalam menyelenggarakan program pascasarjana bidang Ilmu Komputer menarik minat pihak FTI UAJY untuk bertukar wawasan dan mempelajari kurikulum dan berbagai inovasi pendukung sistem pembelajaran, khususnya untuk jenjang Doktor Ilmu Komputer (DIK). Pengalaman Fasilkom UI selama menyelenggarakan kelas dengan dukungan sistem pembelajaran daring sejak tahun 2005 juga menjadi agenda diskusi.

Bertempat di Faculty Lounge, Gedung aru Fasilkom UI pada hari Rabu (25/5) acara dihadiri oleh Dekan Fasilkom UI, Dr. Petrus Mursanto, Dr. Ari Saptawijaya, selaku Wakil Dekan bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Dr. Dina Chahyati (Manajer Pendidikan), Dr. Harry Budi Santoso (Koordinator Program Studi Magister dan Doktor Ilmu Komputer), Dr. Adila Alfa Krisnadhi (Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat), dan Dr. Rizal Fathoni Aji (Manajer Teknologi Informasi).

Dr. Harry Budi Santoso selaku Koordinator Program Studi Magister dan Doktor Ilmu Komputer sekaligus menjadi moderator dalam sesi diskusi dengan kolega FTI UAJY juga menyampaikan bahwa segenap civitas akademika perlu mempersiapkan strategi dalam menyambut masa perkuliahan baru di masa transisi endemi COVID-19.

“Kami menyambut baik kunjungan dalam rangka studi banding dari kolega FTI Universitas Atma Jaya Yogyakarta hari ini. Dalam agenda ini kami berdiskusi mengenai program doktor yang Fasilkom UI selenggarakan, baik berkaitan kurikulum, agenda riset dosen dan mahasiswa, serta strategi belajar mengajar yang kita jalankan. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam ‘teaching & learning’ juga kami diskusikan. Dengan adanya pandemi saat ini, kita melihat relevansi pelaksanaan PJJ. Berbagai pengalaman (lessons learned) yang kita sudah dapatkan selama pandemi, perlu mendapatkan perhatian dan dijadikan bahan refleksi bersama; hal apa saja yang dapat kita tingkatkan kualitas penyelenggaraannya saat situasi transisi endemi sekarang ini,” tutupnya.

 Suasana room tour Fasilkom UI dan manajemen FTI Atma Jaya Yogyakarta dalam sesi studi banding di Gedung baru Fasilkom UI (25/5)

Acara diskusi kemudian dilanjutkan dengan sesi jelajah ke beberapa tempat di Gedung Baru Fasilkom UI seperti penggunaan Lab artificial intelegence (AI). Di antaranya adalah ruangan Tokopedia AI Center of Excellence, ruang-ruangan dosen dan ruang penyimpanan server serta ruang kegiatan pembelajaran daring yang menyediakan fasilitas green screen. Informasi lainnya, selain memiliki laboratorium yang dikhusukan untuk mahasiswa Magister dan Doktor Ilmu Komputer, Fasilkom UI juga memiliki sejumlah lab khusus untuk riset. Tujuannya untuk menghidupkan suasana riset di Fasilkom UI dan sebagai wadah bagi mahasiswa pascasarjana dalam menjalankan kegiatan belajar dan melakukan penelitian.