Dosen Fasilkom UI Raih Penghargaan Anugerah Buku Terbaik Perpusnas RI

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Dosen Fasilkom UI Raih Penghargaan Anugerah Buku Terbaik Perpusnas RI

Dosen sekaligus peneliti Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI), Dr. Kasiyah, M.Sc., menerima penghargaan anugerah Buku Terbaik 2 kategori Pembelajaran Jarak Jauh oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Tahun 2021. Penganugerahan tersebut digelar secara daring melalui aplikasi Zoom meeting dan disiarkan secara langsung di kanal youtube Perpustakaan Nasional RI,  Jumat (10/9/21).

Buku karya Dr. Kasiyah berjudul ‘Pembelajaran Kolaboratif Daring Asinkronus yang diterbitkan oleh UI Publishing pada tahun 2020.  Buku ini merupakan hasil kristalisasi pengalaman mengajar secara daring (sejak 2005) melalui SCELE Fasilkom yang didukung penelitian di bidang online collaborative learning.  

Buku ini membumikan dalam konteks Indonesia dari Community of Inquiry frawework yang diajukan Garrison, Anderson, dan Archer Tahun 2000. Kerangka kerja ini memandu peneliti, dosen, dan mahasiswa dalam menciptakan pembelajaran daring berbasis teks secara mendalam terjadi melalui interaksi timbal balik antara kehadiran kognisi (cognitive presence), kehadiran sosial (social presence), dan kehadiran pengajaran (teaching presence).

Dr. Kasiyah, MSc. adalah salah satu peneliti di lab Digital Library and Distance Learning (DL2) dikenal sebagai dosen yang aktif di Fasilkom UI dalam melakukan riset mengenai pembelajaran jarak jauh. Selain itu, beliau juga memberikan seminar dan workshop pembelajaran kolaboratif daring di beberapa kampus di Indonesia.

Menurut beliau pembelajaran kolaboratif daring menuntut dosen dan mahasiswa memiliki keterampilan berinteraksi secara bermakna berbasis teks dan asinkronus yang berbeda dengan pembelajaran tatap muka. Selain itu, pengelolaan kelas daring juga memerlukan strategi tersendiri, terutama dalam menjaga motivasi belajar dan partisipasi. Strategi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sangat penting untuk diperhatikan dalam pelaksanaan pembelajaran daring yang menyenangkan sekaligus memupuk kemampuan berpikir kritis mahasiswa.