RESPOND-OR: Penelitian Sistem Pendukung Keputusan untuk Kesiapsiagaan dan Tanggap Bencana

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > RESPOND-OR: Penelitian Sistem Pendukung Keputusan untuk Kesiapsiagaan dan Tanggap Bencana

Posisi Indonesia yang terletak pada pertemuan Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik dan Lempeng Indo-Australia berpotensi negara yang rawan dengan gempa bumi tektonik. Di sisi lain, Indonesia merupakan negara dengan jumlah gunung berapi yang paling banyak di dunia juga berpotensi terjadi banyak letusan gunung berapi. Cuaca ekstrem yang terjadi di Indonesia juga menjadi negara yang hampir setiap tahun mengalami banjir di beberapa lokasi. 

Hal ini yang menuntut berbagai pihak terutama pemerintah untuk memiliki kesiapsiagaan terhadap bencana yang terjadi di Indonesia. Sejak bulan Desember 2019, Universitas Indonesia (UI) menjadi anggota tim peneliti multi universitas dan organisasi  di dalam negeri dan di luar negeri mengembangkan suatu sistem penunjang keputusan atau decision support system (DSS) yang berperan dalam mendukung proses pengambilan keputusan dalam situasi kesiapsiagaan dan tanggap bencana yang sering terjadi di Indonesia. 

Tim dan  stakeholder yang terlihat dalam pengembangan projek ini di Indonesia adalah Lancaster University – Centre for Transport and Logistics (CENTRAL), Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada (UGM), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah Yogyakarta (BPBD DIY), dan Humanitarian Forum Indonesia (HFI). Modul DSS yang dikembangkan pada proyek ini mencakup: Perencanaan Bantuan Evakuasi (Assisted Evacuation Planning), Penjadwalan Personil (Personnel Routing and Scheduling) dan Alokasi dan Distribusi Bantuan Bencana (Allocation and Distribution of Relief Supplies).       

Kegiatan penelitian ini adalah bagian dari Resilient Emergency Preparedness for Natural Disaster Response Through Operational Research (RESPOND-OR) project yang didanai oleh Engineering and Physical Sciences Research Council (EPSRC)’s Global Challenges Research Fund (GCRF).

Situs kegiatan di Universitas Indonesia tersedia di: https://respond-or.cs.ui.ac.id/

Saat ini kegiatan riset telah memasuki tahap integrasi seluruh modul DSS. Terbuka peluang kerjasama dengan berbagai pihak  baik dalam implementasi di lapangan.

Informasi lebih lanjut: Prof. Heru Suhartanto, email: respond-or@cs.ui.ac.id