Tiga Alumni Fasilkom UI Masuk Daftar Forbes 30 Under 30

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Tiga Alumni Fasilkom UI Masuk Daftar Forbes 30 Under 30

Alumni Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) masuk ke dalam daftar Forbes 30 Under 30 Indonesia tahun 2021. Kesuksesan dalam membawa Flip.id menjadi layanan yang popular saat ini, membuat mereka berhasil masuk ke dalam daftar tokoh bisnis dan industri yang berumur di bawah 30 tahun. Para alumni Fasilkom UI tersebut adalah Rafi Putra Arriyan, Co-Founder dan CEO Flip.id (Ilmu Komputer, 2011), Luqman Sungkar, Co-Founder dan CTO Flip.id (Ilmu Komputer, 2011), Ginanjar Ibnu Solikhin Co-Founder dan CPO Flip.id (Ilmu Komputer, 2011).  

Dr. Panca Hadi Putra selaku dosen dan Koordinator Humas Fasilkom UI mengatakan,” Fasilkom UI sangat bangga dan mengapresiasi setinggi-tingginya para alumni yang berprestasi dan terus memberi manfaat kepada masyarakat Indonesia, serta mengharumkan nama almamater khususnya kampus Fasilkom UI. Semoga menjadi inspirasi bagi mahasiswa kami yang masih menempuh pendidikan di kampus.”

Flip.id merupakan sebuah perusahaan rintisan (start-up) dengan layanan yang memungkinkan kita untuk melakukan transfer antarbank tanpa harus membayar biaya administrasi. Berdiri pada tahun 2015, ide awal terciptanya layanan ini berasal dari keluhan terhadap biaya administrasi transfer antarbank yang memberatkan secara pribadi. Sehingga Rafi Putra Arriyan bersama dua sahabatnya mengubah keluhan tersebut menjadi sebuah ide dan solusi yang kemudian diberi nama Flip.id.

Hingga saat ini Flip.id telah memiliki lebih dari 3 juta pengguna dan terdapat dua layanan. Layanan terdiri dari dari layanan Flip Reguler, gratis biaya transfer antarbank dengan maksimal transaksi Rp 5 juta; dan layanan Big Flip, layanan transfer ke banyak rekening antarbank dengan sekali proses.

Besarnya kepercayaan pengguna terhadap Flip.id, menjadi semangat bagi mereka untuk terus berjuang hingga akhirnya berhasil mengembangkan layanan ini menjadi sebuah layanan berbasis mobile application yang telah mengantongi izin resmi BI.

Ref:

https://open.spotify.com/episode/5EPYom3lPYTftvKCzBVChP?si=pAPoQ2nKSgiQeQAreGpo7Q

https://youngster.id/headline/rafi-putra-arriyan-dkk-beri-solusi-transaksi-transfer-antar-bank-gratis/

https://id.techinasia.com/flip-layanan-yang-terus-bertahan-meski-sempat-ditutup-bank-indonesia

Penulis: Aulia Azmi