UI Raih Peringkat Dunia pada Bidang Ilmu Komputer dan Sistem Informasi

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > UI Raih Peringkat Dunia pada Bidang Ilmu Komputer dan Sistem Informasi

The Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR) by Subject tahun 2021 merilis peringkat universitas top di dunia, dengan menempatkan Universitas Indonesia (UI) pada peringkat 251-300 dunia untuk subjek Computer Science and Information systems.

Pemeringkatan ini dikeluarkan setiap tahunnya oleh QS WUR yang  menjadi salah satu acuan global bagi masyarakat untuk dapat mengenal universitas-terkemuka dunia pada bidang ilmu tertentu. Penilaian berdasarkan beberapa indikator yaitu, jumlah sitasi penelitian, dan H-indeks yang mengukur produktivitas dan pengaruh penelitian yang telah dipublikasikan, reputasi akademik, dan hasil survei global.

Dr. Panca Hadi Putra, Koordinator Humas Fakultas Ilmu komputer (Fasilkom UI), menjelaskan, “Fasilkom UI berhasil setiap tahun menempatkan posisinya sebagai peringkat dunia pada bidang ilmu Komputer dan Sistem Informasi. Sebelumnya pada tahun 2019 Fasilkom UI menempati peringkat 301-350, ini menunjukan konsistensi Fasilkom UI dalam peningkatan mutu pendidikan dan kualitas penelitian.”

The QS World University Rankings by Subject 2021 mencakup total 51 disiplin yang dikelompokkan ke dalam lima rumpun ilmu yang terdiri dari rumpun Art and Humanities; Engineering and Technology; Life Sciences and Medicine; Natural Sceince; dan Social Sciences and Management.

Pengumuman tentang QS World University Ranking by Subject 2021 dapat diakses pada laman: https://www.topuniversities.com/subject-rankings/2021.