Mahasiswa Fasilkom UI mengembangkan Aplikasi Belajar Al-Qur’an Interaktif

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Mahasiswa Fasilkom UI mengembangkan Aplikasi Belajar Al-Qur’an Interaktif

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI), mengembangkan web application berbasis Interactive Learning, Collaborative Learning, dan Game-Based Learning untuk membantu masyarakat lebih dekat dengan Quran secara visual. Berkat inovasi ini, tim yang diberi nama Tim Hafidz Lab berhasil memenangkan kompetisi nasional Hackathon yang diselenggarakan oleh Muslim Hackfest pada 31 januari 2021. 

Berawal dari keinginan untuk membangun aplikasi demi membantu aktifitas keagamaan pribadi di kehidupan sehari-hari, namun Lulu Ilmaknun Qurotaini (Ilmu Komputer 2017) dan anggota tim yang lain memutuskan untuk membuat aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat muslim secara luas. Lulu menyampaikan, “Kami berharap aplikasi Al-Qur’an Learning Laboratory yang kami buat dapat membawa manfaat bagi umat Islam secara mendunia.”

Aplikasi ini dapat membantu penggunanya untuk dapat belajar dan berinteraksi dengan Alquran melalui fitur-fitur seperti ; 1. Personal Test, membantu pengguna dalam proses penghafalan Alquran; 2. Multiplayer, fitur dimana pengguna dapat berkompetisi dengan pengguna lain; 3. Challenge, ruang interaksi antar pengguna untuk memberikan tantangan; dan 4. Progress Record, fitur yang digunakan untuk merekam riwayat dan kemajuan dari hafalan Alquran pengguna.

Teknologi yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah teknologi kecerdasan artifisial untuk menghasilkan pilihan jawaban yang secara otomatis diambil berdasarkan statistik kesalahan pengguna paling banyak.  Di samping itu aplikasi ini juga dibangun dengan menggunakan teknik Progressive Web Applications, dengan begitu memungkinkan bagi pengguna untuk dapat merasakan pengalaman menggunakan website layaknya mobile app. Sehingga aplikasi ini dapat diakses dalam kondisi offline dan tidak membutuhkan ruang penyimpanan.

Tidak hanya itu, Dr. Panca Hadi Putra selaku dosen dan Koordinator Humas Fasilkom UI menambahkan, “Sebelumnya Fasilkom UI juga telah meluncurkan inovasi dan beragam aplikasi dengan tema islami, di antaranya, aplikasi Online Arabic Learning yang dikembangkan oleh laboratorium Digital Library and Distance Learning (DL2) Fasilkom UI.”

Penulis: Aulia Azmi