Mahasiswa Fasilkom UI Raih Terbaik 2 Mapres UI Rumpun Ilmu SainTek

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > E-News > Mahasiswa Fasilkom UI Raih Terbaik 2 Mapres UI Rumpun Ilmu SainTek

Universitas Indonesia (UI) mengadakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi yang merupakan ajang pemilihan yang dilakukan secara daring pada tanggal 5 Juni 2020, melalui kanal Youtube Direktorat Kemahasiswaan (UI). Pengumuman disaksikan oleh Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, SE, MA. Ph.D, Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemanusiaan, Prof. Dr. rer. Nat. Rosari Saleh, dan para jajaran pimpinan di fakultas maupun program vokasi yang ada di UI, serta pendukung para finalis mahasiswa berprestasi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap mahasiswa UI yang telah mengharumkan nama Universitas Indonesia.

Sebelumnya, pemilihan mahasiswa berprestasi dilaksanakan pada tingkat fakultas dan program vokasi yang kemudian menjadi perwakilan di tingkat universitas. Para perwakilan yang telah terpilih selanjutkan melakukan beberapa tahapan proses seperti wawancara curriculum vitae (CV), presentasi makalah, tes psikologi dan presentasi bahasa inggris yang juga dilakukan secara daring.

Pada Kesempatan ini, Clouddian Fazalmuttaqin, delegasi Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI, berhasil menempatkan dirinya sebagai Mahasiswa Prestasi Terbaik 2 Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi. Sebelumnya, Cloud yang merupakan mahasiswa jurusan Sistem Informasi angkatan 2017, telah dinobatkan sebagai mahasiswa prestasi utama Fasilkom UI setelah melalui proses seleksi ketat oleh juri. Putra daerah Pandeglang ini berhasil mempresentasikan Karya Tulis Ilmiahnya di depan juri yang beranggotakan Dr. Khasiyah, Dr. R. Yugo Kartono Isal, dan Dr. Putu Wuri Handayani.

Clouddian Fazalmuttaqin menyampaikan Karya Tugas Ilmiah yang berjudul Tax Robo-Investigator: Sistem Prakira Ketidakpatuhan Pajak UMKM Berbasis Machine Learning untuk Meningkatkan Efektivitas Pemeriksaan dan Penyuluhan Pajak Karya. Tax Robo-Investigator merupakan gagasan yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pemeriksaan dan penyuluhan pajak. Selain itu, diharapkan sistem ini dapat memberikan informasi yang dapat membantu Direktorat Jenderal Pajak dalam merencanakan pemeriksaan dan penyuluhan pajak, serta menjadi jembatan masyarakat yang ingin berkontribusi dalam meningkatkan kepatuhan pajak UMKM.

Dalam wawancaranya bersama Tim Humas Fasilkom UI, Cloud menyampaikan bahwa menjadi berprestasi tidak serta merta bergantung dari pengakuan orang lain atau penghargaan atas suatu kemenangan. Prestasi adalah sesuatu yang didapatkan setelah kita berhasil mencapai target yang kita tetapkan sendiri. Cloud juga aktif dalam Kegiatan Kemahasiswaan XL Future Leader dan menjadi Presiden BO SISTEM Fasilkom UI.

Dalam pesannya Cloud turut menyampaikan terima kasih kepada orang tua, teman-temannya dan semua pihak atas dukungan dan dorongan sebelum dan selama seleksi Mapres Fasilkom UI. Kepada para pembaca Cloud menyampaikan untuk selalu memandang setiap kegagalan atau kekalahan yang terjadi dalam hidup kita sebagai dorongan untuk tetap berjuang mencapai tujuan. Ia mengutip perkataan Barack Obama, “The real test is not whether you avoid this failure, because you won’t. it’s whether you let it harden or shame you into inaction, or whether you learn from it; whether you choose to persevere”.

Leave a Reply