Fasilkom UI Mengadakan Lokakarya untuk National Data Science Challenge 2020

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Fasilkom UI Mengadakan Lokakarya untuk National Data Science Challenge 2020

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) bekerjasama dengan Shopee menyelenggarakan lokakarya pelatihan lanjutan bagi mahasiswa UI dalam rangka menyiapkan calon peserta untuk mengikuti National Data Science Challenge 2020. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Februari 2020 di Aula gedung B, Fasilkom UI.

Lokakarya ini diikuti secara terbatas oleh mahasiswa UI sebanyak 50 orang di Fasilkom UI sebagai training partner yang ditunjuk oleh Shopee. Mereka diberikan pelatihan yang dikelolai Pusat Ilmu Komputer (Pusilkom) UI. Selama lokakarya calon peserta lomba mendapatkan pembekalan teknik dalam memecahkan masalah-masalah data oleh Bapak Ari Wibisono, M.Kom seperti klasifikasi, regression, pemecahan masalah data dalam bentuk image maupun text.

Salah satu peserta pelatihan, Nurul (mahasiswa UI), mengaku sangat terbantu dengan adanya lokakarya ini. Dia dan teman-temannya sangat tertarik dengan topik machine learning yang kebetulan juga menjadi proyek akhir matakuliahnya. Di samping itu, Nurul beserta timnya berencana untuk mengikuti kompetisi yang akan dilaksanakan pada 21 Maret 2020.

Bapak Denny, Ph.D sebagai juri mengatakan bahwa kompetisi ini sangat bagus untuk diikuti karena dapat menjadi alat ukur peserta dalam mengasah kemampuan. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dari perkuliahan, karena mereka akan memecahkan permasalahan data yang bersifat real world serta kompetitor yang berasal dari kalangan profesional. Beliau berharap mahasiswa tidak menutup kesempatan untuk mempelajari metode baru yang belum dikuasai sebelumnya, karena metode pengolahan dan pemecahan data tidak hanya satu yang bisa digunakan. Dan tidak lupa Dr. Denny menyampaikan kepada peserta agar tidak berorientasi pada hasil dan hadiahnya, melainkan dapat menikmati kompetisi bersama peserta yang merupakan pelajar dan profesional.

National Data Science Challenge 2020 merupakan kompetisi pemecahan masalah Data Science dan Data Analitik yang dibuat oleh tim Tech Shopee. Para peserta harus menganalisis sekumpulan data, membuat kesimpulan yang cerdas dan memecahkan masalah dalam rentang waktu yang telah ditentukan. Para peserta tidak hanya mendapatkan kesempatan untuk berlatih menyelesaikan masalah-masalah di kehidupan nyata melalui coding, tetapi juga akan mendapatkan kesempatan untuk menguji kemampuan coding mereka dan mengerti pentingnya keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan dalam bidang data di Shopee. (AA)