Fasilkom UI Manfaatkan Teknologi Super Komputer Deep Learning Guna Penelitian Dosen dan Mahasiswa

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > E-News > Fasilkom UI Manfaatkan Teknologi Super Komputer Deep Learning Guna Penelitian Dosen dan Mahasiswa

Setelah resmi meluncurkan pusat pengembangan kecerdasan buatan atau artificiaI Intelligence (AI) pertama di Indonesia, bernama Tokopedia-UI AI Center of Excellence, yang merupakan hasil bekerja sama antara Universitas Indonesia (UI) dengan Tokopedia. Kali ini, Fasilkom UI mengadakan sesi pelatihan penggunaan Deeplearning Supercomputer Nvidia DGX-1 yang terdiri dari dua sesi, pada tanggal 29 November untuk dosen dan tanggal 6 Desember untuk mahasiswa. Mengandalkan dukungan hardware dan software AI yang terintegrasi, Deep Learning Supercomputer Nvidia DGX-1 ini memiliki 8 Tesla V100 GPU.

Pelatihan penggunaan DGX-1 ini bertujuan untuk memudahkan penelitian yang membutuhkan komputasi cepat sehingga mampu menghasilkan riset yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pelatihan diawali dengan perkenalan Lab Tokopedia-UI AI oleh Bapak Adila Krisnadhi, Ph.D. Kemudian dilanjutkan dengan tutorial penggunaan DGX-1 oleh Bapak Gladi Guarddin, M.Kom atau yang kerap dipanggil Pak Adin. Beliau menjelaskan infrastruktur yang dikembangkan dalam penggunaan DGX-1 menggunakan Kubernetes. Peserta pelatihan diharapkan bisa menggunakan DGX-1 dengan jaringan UI maupun menggunakan jaringan di luar UI.

Selain itu, sesi dilanjutkan dengan narasumber Bapak Fariz Darari, Ph.D yang menjelaskan tentang eksperimen sederhana yang digunakan dalam pelatihan. Eksperimen sederhana ini mengenai klasifikasi citra mobil dan pesawat menggunakan algoritma Convolutional Neural Network (CNN). Pelatihan diakhiri dengan sesi pertanyaan dan saran dari peserta terkait infrastruktur user management yang bisa ditingkatkan lagi untuk kemudahan pengguna dalam menggunakan DGX-1 ini.

Melalui pelatihan ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan penelitian mahasiswa dan dosen Fasilkom UI dalam memanfaatkan teknologi super komputer Deep Learning Nvidia DGX-1.

Leave a Reply