Fasilkom UI Gelar ICACSIS 2019 — Konferensi Internasional Bidang Ilmu Komputer dan Sistem Informasi

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Fasilkom UI Gelar ICACSIS 2019 — Konferensi Internasional Bidang Ilmu Komputer dan Sistem Informasi

FOR IMMEDIATE RELEASE:

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) kembali menyelenggarakan konferensi internasional bidang ilmu komputer dan sistem informasi yang menghadirkan para ilmuwan, peneliti, profesional, mahasiswa serta para pakar dari dalam dan luar negeri. Konferensi international bertajuk The 11th International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS) 2019 ini berlangsung selama dua hari, dimulai dari tanggal 12 – 13 Oktober 2019 di Melia Hotel, Nusa Dua, Bali.

ICACSIS 2019 dibuka secara resmi pada hari Sabtu, 12 Oktober 2019, pada pukul 08.30 WIB oleh Dekan Fasilkom UI, Mirna Adriani, Ph.D, Ketua Umum acara, Setiadi Yazid, Ph.D, serta Ketua Program acara Bayu Anggorojati, Ph.D. Hadir sebagai para pembicara pada sesi plenary speech adalah Profesor Tan Chuan-Hoo dari National University of Singapore, Profesor Werner Nutt dari Free University of Bozen-Bolzano Italy, dan Irvan Sebastian Arief, Ph.D dari Tokopedia.

Prof. Tan Chuan Hoo memaparkan state-of-the-art penelitian dalam digital commerce

Sebagai konferensi bertaraf internasional, ICACSIS menjadi wadah bagi peserta dari berbagai belahan dunia untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, inovasi dan perkembangan keilmuwan terkini mengenai metodologi, teori, serta aplikasi dalam tujuh bidang penelitian, yaitu: software engineering; information management; information retrieval; e-learning; e-government; e-business; computer network, architecture & high-performance computing; dan machine learning and computer vision.

Pada tahun ini, sebanyak 197 makalah penelitian (research paper) yang berasal dari 19 negara berhasil dikumpulkan dalam proses seleksi, dengan 81 makalah di antaranya berhasil lolos dan berhak dipaparkan pada parallel sessions ICACSIS 2019. Terdapat 11 negara yang turut berpartisipasi dan hadir dalam konferensi ini antara lain Indonesia, Swedia, Italia, Finlandia, Jepang, Filipina, Bangladesh, Australia, Morocco, Perancis, dan Saudi Arabia.

Foto bersama peserta pada pembukaan ICACSIS 2019.

Sejak tahun 2011, prosiding makalah ilmiah yang dipaparkan di ICACSIS telah terindeks oleh Scopus, yakni salah satu entitas pangkalan data pustaka yang dikenal oleh para peneliti dunia. Konferensi ini juga didukung oleh Institute of Electronic and Electronics Engineers (IEEE), serta Kantor Produk Riset & Inovasi UI, dan STMIK Primakara Bali.

Kontak: humasfasilkom@cs.ui.ac.id atau +62 21 786 3419

Susunan acara lengkap: PDF