Fasilkom UI Pamerkan 24 Aplikasi Karya Mahasiswa Sistem Informasi

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > E-News > Fasilkom UI Pamerkan 24 Aplikasi Karya Mahasiswa Sistem Informasi

Setelah minggu lalu menyelenggarakan pameran 28 karya mahasiswa Ilmu Komputer, pada tanggal 24 Mei 2019, Fasilkom UI kembali menyelenggarakan pameran karya mahasiswa program studi Sistem Informasi. Melalui kelas Propensi (Proyek Pengembangan Sistem Informasi), 123 mahasiswa Sistem Informasi menghasilkan 24 aplikasi. Dengan tujuan meningkatkan penggunaan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, aplikasi-aplikasi yang dihasilkan dikembangkan bersama dengan perusahaan rekanan. Adapun ke-24 aplikasi yang dihasilkan antara lain:

  1. Sales Activity System: sistem ini ditujukan untuk mencatat seluruh aktivitas kunjungan dan penjualan yang dilakukan terhadap pelanggan, dimulai dari calon pembeli, prospek, hingga informasi keberhasilan penjualan yang dilakukan oleh sales. Selain itu, sistem informasi ini juga digunakan untuk menghitung pencapaian target dan menilai performa dari setiap sales representative.
  2. Sistem Informasi Pelanggaran (SILang): SILang merupakan sebuah website yang diperuntukkan untuk mencatat jadwal ujian, berita acara, pelanggaran yang terjadi, sanksi, hingga pengeluaran surat peringatan kepada mahasiswa yang bersangkutan.
  3. Sistem Informasi Konsinyasi (SIKON): sebuah website yang terintegrasi antara Haula Toys dengan setiap partner dan dapat digunakan oleh pihak manajerial, supervisor, admin dan partner Haula Toys. Cakupan dari sistem informasi konsinyasi ini yaitu digitalisasi dokumen, pemantauan partner, pemantauan stok di partner, dan pengelolaan tagihan.
  4. Dental Health Information System (DENT-IS): sistem ini berbasis android dan dapat memfasilitasi pembuatan, pengelolaan, penyimpanan, dan pembaharuan rekam medis pasien. Selain itu dilengkapi juga dengan fitur online appointment, serta mampu menampilkan statistik hasil pemeriksaan kesehatan dan penanganan penyakit sehingga didapat data yang akurat dan up to date.
  5. Sistem Informasi Pengelolaan Performa dan Koleksi (SIMAK): sistem informasi yang mampu memfasilitasi proses bisnis koleksi bagi perusahaan-perusahaan.
  6. Payrollbird: sistem pengelolaan gaji dan pengelolaan cuti pada suatu perusahaan.
  7. Project & Performance Management System (PPMS): suatu penerapan pengetahuan, kemampuan, alat, dan teknik untuk memproyeksikan kegiatan dalam memenuhi project requirement dan melakukan tracking performa seluruh karyawan.
  8. Gearindo Operation System: sistem pengelolaan administrasi operasional untuk pengadaan suku cadang industri di Indonesia.
  9. Tenancy Management (Teman Aristi): sistem pengelolaan transaksi tenan dari klien, penyajian tren, dan pembuatan tagihannya.
  10. Iluni12: sistem pengelolaan data iluni Fasilkom UI dan fasilitas forum, program donasi, dan penyebaran informasi.
  11. JojoDesk: sistem pengelolaan dan pemantauan pesan dan feedback (seperti error pada aplikasi langganan, penggantian password, dan masalah lain) dari klien.
  12. Sistem Informasi Manajemen Outsourcing: sistem pengelolaan data pelamar dan karyawan outsource serta penugasan kepada suatu proyek dan perhitungan gaji.
  13. KARPA Accounting (KARPAC): sistem pencatatan keuangan dan pembuatan laporan keuangannya.
  14. Performance Management System: sistem penilaian performa karyawan berdasarkan OKR (objective and key result) yang bisa dikelola pada sistem yang dibangun.
  15. KARPA Accounting (KARPAC): sistem pencatatan keuangan dan pembuatan laporan keuangannya.
  16. Hospital Quality Management Information System: sistem pengelolaan kualitas pelayanan rumah sakit berdasarkan survei dan umpan balik dari pasien, yang terintegrasi dengan data pasien.
  17. ELEVATE (Employee Evaluation Center): sistem ini dapat membantu proses pemantauan kinerja karyawan dalam proyek yang sedang berjalan, baik yang sedang dalam tahap pengembangan maupun maintenance.
  18. Medpro (Sistem Informasi Farmasi): sistem ini akan membantu proses transaksi layanan farmasi yang dimulai dari pembuatan resep oleh dokter terkait hingga penerimaan obat oleh pasien.
  19. Attract (Applicant Tracking System): sistem yang membantu proses rekrutmen, yaitu mengelola data pelamar beserta spesifikasi posisinya.
  20. Rizqy Agung Information System: sistem yang akan dibangun untuk memfasilitasi Rizqy Agung Catering & Wedding Organizer dalam mengelola pemesanan, aset, dan pegawai.
  21. Onboarding Information System: ditujukan untuk dapat mengakomodasi proses rekrutmen, membantu setiap Supervisor dari karyawan baru untuk melakukan monitoring performa, melakukan penugasan, bahkan memastikan kebutuhan administratif dari karyawan baru (misal kartu tanda pengenal) sudah terpenuhi.
  22. Export Information Systems: sistem ini membantu proses ekspor meliputi mengelola data customer, menampilkan riwayat transaksi customer, menyimpan data penugasan staf kepada customer, memproses sales order, menampilkan daftar sales order sesuai dengan staf yang ditugaskan, dll
  23. System Winscore: dikembangkan untuk dapat membuka jalur pemasaran secara online CV Wirelessindo untuk memasarkan produk-produknya sehingga memungkinkan untuk mendapatkan konsumen baru dari seluruh wilayah baik yang berada dalam cakupannya maupun yang lebih luas.
  24. System Trayek: untuk mendukung proses bisnis administrasi sejak tahap awal lelang proyek hingga proyek telah selesai.

Ke-24 aplikasi tersebut dipamerkan di Gedung C Fasilkom UI yang dipadati oleh para pengunjung baik dari dalam maupun luar Fasilkom UI. Diharapkan melalui program kelas Propensi ini, dapat menjadi wadah bagi mahasiswa Sistem Informasi dalam menghasilkan aplikasi-aplikasi menarik yang langsung bekerjasama dengan pihak ketiga sehingga dapat memberikan gambaran dalam mempersiapkan masa kerja nyata.