Inovasi Berdonasi Tanpa Menggunakan Uang

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > E-News > Inovasi Berdonasi Tanpa Menggunakan Uang

Di awal tahun 2019 ini tiga Mahasiswa UI melakukan terobosan di bidang donasi.  M. Radhiyan Pasopati Pribadi (Ilmu Politik –FISIP 2014), Luthfi Abdurrahim (Sistem Informasi – Fasilkom 2014), dan Mutsla Qanitah (Ilmu Komunikasi – FISIP 2014) yang tergabung dalam platform GotongRoyong.in, bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengembangkan Inovasi dalam melayani masyarakat untuk berdonasi tanpa menggunakan uang. Peluncuran kerja sama dilakukan di kantor BAZNAS yang berada di Jakarta Pusat pada hari Jumat, 4 Januari 2019.

Berangkat dari keresahan sebagai mahasiswa maupun warganet Indonesia yang memiliki keinginan kontribusi sosial yang tinggi dan ingin berdonasi namun tidak punya uang, platform GotongRoyong.in menjadi solusinya. Dengan teknologi diakui oleh CEO GotongRoyong.in, M. Radhiyan Pasopati akan mempermudah orang-orang untuk berdonasi. Dengan GotongRoyong.in, orang-orang tidak harus punya uang untuk berdonasi, tetapi hanya dengan menonton tayangan iklan selama 10 detik.

Lutfi Abdurrahim selaku CTO platform GotongRoyong.in Menjelaskan cara kerja platform bahwa dari setiap iklan yang ditonton, pemilik iklan akan membayar sejumlah uang pada tim Gotongroyong.in. Uang tersebut kemudian akan disalurkan untuk kegiatan/kampanye sosial terkait melalui lembaga penyalur terpercaya, dalam hal ini mitra Gotongroyong.in yakni BAZNAS. Sederhananya, sejumlah uang yang dihasilkan dari iklan yang ditonton oleh pengguna akan didonasikan kepada lembaga penyalur resmi yang terpercaya.

Direktur Utama Baznas Arifin Purwakananta menyambut baik kerja sama ini. Menurut beliau platform ini sejalan dengan visi BAZNAS yang juga mengembangkan inovasi memberikan layanan kemudahan berdonasi. “Masyarakat bisa melakukan donasi bantuan dengan mudah tidak perlu menggunakan uang, hanya dengan menonton video yang ada di platform tersebut sama saja dengan kita berdonasi” ungkapnya dalam peluncuran kerja sama tersebut.

Platform Donasi GotongRoyong.in Saat ini, berada di bawah naungan Lab Reliable Software Engineering (RSE) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Dr. Ade Azurat sebagai salah satu pembina berharap agar ide-ide kreatif mahasiswa dapat terus berkembang dan dapat berguna untuk masyarakat Indonesia.