Doktor Fasilkom UI Merancang Model Pemanfaatan TIK di Sekolah-Sekolah Indonesia

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Doktor Fasilkom UI Merancang Model Pemanfaatan TIK di Sekolah-Sekolah Indonesia

Promdok_sofiana2Dewasa ini, pertumbuhan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berkembang pesat. Penggunaan TIK sendiri telah hadir di berbagai sektor seperti pendidikan, pertanian, perikanan, kelautan, kesehatan, perbankan, dan lain-lain. Sejalan dengan perkembangan tersebut, hampir di seluruh negara di dunia menggunakan TIK untuk kemajuan salah satunya Pendidikan. Di Indonesia misalnya, dengan adanya Rencana Strategi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015-2019 (Kemendikbud Indonesia) yang mencanangkan peningkatan peran TI dalam pendidikan termasuk dalam pengembangan ilmu TI, penyediaan materi bahan ajar, penguatan metode pembelajaran yang efektif dan penguatan pengelolaan pendidikan. Melalui disertasinya yang berjudul “Pemodelan Pemanfaatan TIK di Sekolah: Studi Empiris di Indonesia”, Sofiana Nurjanah membentuk suatu model pemanfaatan TIK sekolah sehingga pelaksanaan lebih optimal dan terarah untuk meningkatkan kinerja pendidikan.

Pendekatan data empiris yang dilakukan dalam penelitian ini berdasarkan pada hasil survei yang dikumpulkan melalui 544 sekolah di Indonesia. Identifikasi terhadap faktor-faktor proses pemanfaatan TIK digunakan sebagai pedoman untuk merancang instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya principal components pemanfaatan TIK di sekolah yaitu Fasilitas TIK; Pemanfaatan TIK dalam Administrasi sekolah; Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran; Pembiayaan TIK; Infrastruktur Dasar TIK; Kebijakan TIK; dan Kemampuan TIK Pengguna. Ketujuh prinsip tersebut dibentuk dalam suatu model yang memiliki susunan berdasarkan korelasi antar komponen yang menggambarkan keterkaitan komponen-komponen tersebut.

Disertasi dipresentasikan dalam Sidang Promosi Doktor Ilmu Komputer di AULA Fasilkom UI pada hari Selasa, 17 Juli 2018. Sidang tersebut diketuai oleh Mirna Adriani, Ph.D dan Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan MLS., Ph.D sebagai Promotor. Turut menghadirkan penguji antara lain: Yudho Giri Sucahyo S.Kom., M.Kom., Ph.D.; Dr. Achmad Nizar Hidayanto S.Kom., M.Kom; Dr. Yaya Heryadi; Harry Budi Santoso S.Kom., M.Kom., Ph.D.; dan Betty Purwandari S.Kom., M.Sc., Ph.D. Hasil disertasi dipresentasikan dengan sangat baik sehingga mendapatkan yudisium Sangat Memuaskan. Sebagai lulusan ke-71 gelar Doktor Ilmu Komputer diberikan kepada Dr. Sofiana Nurjanah.