Melalui Data Mining, Tim Fasilkom UI Ukirkan Prestasi

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Melalui Data Mining, Tim Fasilkom UI Ukirkan Prestasi

Tim Data Mining Joints18Tim Fasilkom UI berhasil mengukir prestasi pada Kategori Data Mining di ajang JOINTS 2018 yang diadakan di UGM Jogjakarta. Tim yang beranggotakan Farid Wajdi (Sistem Informasi UI 2015), Aldi Fahrezi (Ilmu Komputer UI 2015) dan Indra Pambudi (Ilmu Komputer UI 2015) mengikuti tahapan kompetisi Data Mining JOINTS 2018, mulai dari tahapan online pada Maret 2018, lalu terpilih pada 21 April 2018 untuk masuk ke tahap final yang diselenggarakan tanggal 5 dan 6 Mei 2018 di Jogyakarta.

Pada Final kategori Data Mining, tim Fasilkom memperoleh data mengenai UKM di salah satu kabupaten di Propinsi Bengkulu, yang kemudian diolah dan divisualisasikan hingga menjadi solusi dan insight dari sebuah permasalahan analisis data. Peserta diberikan waktu 4 jam untuk mengolah data tersebut dan aspek penilaian yang dilihat dari kompetisi ini adalah seberapa besar margin error data tersebut, bagaimana tim mempresentasikannya dan bagaimana laporan yang dihasilkan.

Bagi Tim Fasilkom, beberapa hal yang menjadi kunci keberhasilan dalam kompetisi ini adalah strategi yang tepat, persiapan yang cukup matang dan pembagian kerja yang baik.