Orasi Ilmiah Menkominfo Rudiantara Pada Dies Natalis Fasilkom UI Ke-31

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > E-News > Orasi Ilmiah Menkominfo Rudiantara Pada Dies Natalis Fasilkom UI Ke-31
04
Mirna Adriani (Dekan Fasilkom UI), Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informatika RI) dan Muhammad Anis (Rektor UI)

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara hadir pada Dies Natalis ke-31 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) yang diselenggarakan pada tanggal 31 Oktober 2017 di Balai Sidang, UI Depok. Beliau memberikan orasi ilmiah “Teknologi dan Komunikasi sebagai Pemersatu Bangsa”. Menkominfo menyampaikan pentingnya mengubah pola pikir atau mindset sebagai prasyarat utama agar masyarakat Indonesia bisa beradaptasi menghadapi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ke depan.

“Kita sudah memasuki momentum yang dinamikanya luar biasa akibat perkembangan teknologi berbasis digital. Tidak bisa dihindarkan. Yang kita butuhkan adalah talenta-talenta, sumber daya manusia, yang bisa menyiapkan diri kita untuk menyongsong ini. Bahkan merengkuh perkembangan teknologi ini untuk kepentingan bangsa. Fokusnya adalah bagaimana kita memposisikan perkembangan teknologi ini sebagai enabler atau tuas dari perkembangan ekonomi dan transformasi sosial di Indonesia. Saya percaya, Universitas Indonesia dan Fakultas Ilmu Komputer akan bisa menyiapkan dan mentransformasi dirinya untuk meluluskan talenta yang siap bekerja dan terutama yang membuka lapangan kerja. Dan kita semua siap berkontribusi untuk negeri.” papar Menkominfo, Rudiantara.

07
Mirna Adriani, Ph.D

Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr. Muhammad Anis, dan Dekan Fakultas Ilmu Komputer UI, Mirna Adriani, Ph.D turut menyampaikan sambutannya dalam Dies Natalis ke-31 Thn Fasilkom UI. Turut menghadiri acara ini, Prof. Dr. Didik J. Rachbini (Direktur INDEF), Dr. Basuki Yusuf Iskandar (Kepala Badan Litbang SDM Kemenkominfo), Ade Sumantri (Anggota MWA UI dan salah satu Founding Fathers Fasilkom UI), Bagyo Moeliodihardjo, MSc (Dekan Fasilkom UI Periode Thn. 1993 – 2000), Prof. Toemin Masoem, Ph.D (Dekan Fasilkom UI Periode Thn 2000 – 2004), Prof. T. Basaruddin, Ph.D (Dekan Fasilkom UI Periode Thn 2004-2012), Dewan Guru Besar Fasilkom, Para Dekan dan Wakil Dekan dari Fakultas-Fakultas di lingkungan UI, Pimpinan Perguruan Tinggi di Jakarta, Warakawuri, POMDA Fasilkom, Para Alumni Fasilkom, Dosen, Mahasiswa dan pihak Industri.

Sekilas tentang Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI, yakni insititusi tertua bidang ilmu komputer di Indonesia. Sejarah berdirinya Fasilkom UI diawali dengan terbentuknya Pusat Ilmu Komputer (Pusilkom) UI pada tahun 1972 oleh Dr. Indro S. Suwandi. Pada awal berdirinya, Pusilkom didirikan dengan tujuan mengembangkan ilmu komputer di Indonesia. Saat ini, Pusilkom UI menjadi unit usaha akademis yang berkonsentrasi pada penyediaan layanan di bidang Teknologi Informasi pada kalangan pemerintah, industri dan bisnis di Indonesia. Tahun 1976, Pusilkom UI diamanahkan untuk mengembangkan suatu sistem pemeriksaan ujian masuk perguruan tinggi. Dimulai dari pemeriksaan ujian pada lingkup UI, hingga seluruh Indonesia dan semuanya dilakukan secara komputerisasi. Pada 31 tahun yang lalu, yakni tahun 1986, berdiri Program Sarjana Ilmu Komputer (Prosilkom) yang kemudian secara resmi menjadi Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom UI) pada tahun 1993. Fasilkom UI telah meluluskan alumni-alumni dari jenjang Sarjana, Magister dan Doktor yang kini telah berkarya di berbagai sektor, baik pemerintahan, industri, akademik, maupun start up. “Kami berharap, Fasilkom dapat terus berkontribusi bagi kemajuan Negara, selain tentunya menghasilkan lulusan-lulusan IT terbaik” papar Mirna Adriani (Dekan Fasilkom UI).

Leave a Reply