Fasilkom UI Gelar Konferensi Internasional ICACSIS 2017

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > E-News > Fasilkom UI Gelar Konferensi Internasional ICACSIS 2017

The 9th International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS) 2017 berlangsung pada tanggal 28 – 29 Oktober 2017 di Mercure Convention Centre Hotel, Ancol – Jakarta Utara. ICACSIS 2017 merupakan forum internasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI dan menghadirkan para peneliti, profesional, mahasiswa serta pakar di bidang ilmu komputer dan sistem informasi, yang berasal dari dalam dan luar negeri.

ICACSIS 2017 menjadi wadah bagi peserta untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, inovasi dan perkembangan informasi terkini mengenai metodologi, teori, aplikasi dalam semua aspek system engineering, human machine interface dan emerging applications serta berbagai aplikasi bermanfaat lainnya. Beberapa negara yang turut berpartisipasi dan hadir dalam ICACSIS 2017, yaitu Australia, Inggris, Jepang, Republik Cheko, Swiss, Denmark, Jerman.

Opening ceremony ICACSIS 2017 akan dibuka secara resmi pada hari Sabtu, 28 Oktober 2017 pkl 09.00 WIB oleh Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ir., Muhammad Anis, M.Met, Dekan Fasilkom UI, Mirna Adriani, Ph.D beserta Ketua Umum ICACSIS 2017, Widijanto Satyo Nugroho, Ph.D & Dr. Eng. Wisnu Jatmiko. Konferensi ICACSIS 2017 turut menghadirkan Keynotes Speakers antara lain David Taniar (Monash University), Tako Komura (University of Edinburgh), Norimichi Ukita (Toyota Technological Institute), Jan Pidanic (University of Pardubice).

Rangkaian ICACSIS 2017 dibagi menjadi 3 main events, yaitu Plenary Speech, Parallel Sessions dan Focus Group Discussion (FGD). Pada sesi FGD, ICACSIS 2017 bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut dan Badan Keamanan Laut RI akan mempresentasikan tentang Peran ICT dalam Kelautan Indonesia. Fasilkom juga berkolaborasi dengan Fakultas Kedokteran UI pada FGD terkait penerapan Integrated Telehealth System. Topik terkini lainnya yang akan dibahas dalam konferensi ICACSIS 2017 antara lain mencakup bidang E-Government & E-Business, Digital Library & Distance Learning, Computer Networks and High Performance Computing, Machine Learning & Computer Vision, Information Management, Reliable Software Engineering, Information Retrieval & Information Management.

Makalah (paper) ICACSIS, sejak tahun 2011, telah terindeks oleh SCOPUS yakni salah satu entitas pangkalan data pustaka yang paling dikenal oleh para peneliti dunia. Pada tahun 2017 ini, makalah yang diterima di ICACSIS 2017 juga akan diindeks oleh SCOPUS dan kembali didukung oleh Asosiasi Profesional Tingkat Internasional dalam Pengembangan Teknologi, yang dikenal dengan IEEE. Jumlah paper yang di submit pada tahun ini sebanyak 184 paper dari berbagai negara dan diperoleh 77 paper lolos seleksi untuk dipresentasikan dalam rangkaian acara ICACSIS 2017. Konferensi ICACSIS 2017 didukung oleh Kantor Pengelolaan Produk Riset & Inovasi RI (KPPRI), DRPM-Universitas Indonesia, Kantor Sumber Daya Pembelajaran (KKSDP) UI, serta IEEE–Indonesia Section.

****
Contact person:
humasfasilkom@cs.ui.ac.id
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia

Leave a Reply