Fasilkom UI Gelar Indonesian Summer School on Music Information Retrieval

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > E-News > Fasilkom UI Gelar Indonesian Summer School on Music Information Retrieval

SummerSchool2017Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menyelenggarakan kegiatan tahunan summer school dengan menghadirkan narasumber dari dalam dan luar negeri. Kegiatan ini mengusung tema “Indonesian Summer School on Music Information Retrieval”. Di bawah naungan Lab Riset Information Retrieval, Fasilkom UI berkolaborasi dengan narasumber dari The Johannes Kepler University dan Vienna University. Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan selama 4 hari di kampus UI Depok tersebut  menggali lebih dalam tentang ilmu komputer dalam aspek musik.

Sambutan disampaikan oleh Dekan Fasilkom UI sekaligus Kepala Lab Information Retrieval Fasilkom UI, Mirna Adriani, Ph.D dan turut menghadirkan Peter Knees, Ph.D, Markus Schedl, Ph.D, Thomas Lidy, Bruce Ferwerda, Ph.D, dan Yohanes Stefanus, Ph.D. Seminar pertama disampaikan oleh Peter Knees yang membahas mengenai Music Content Analysis. Dalam penjelasannya, Knees memaparkan beberapa contoh dan tips dalam melakukan analisa konten pada musi,  baik untuk mengetahui kategori musik maupun lirik dalam konteks ilmu komputer dan sistem informasi. Seminar selanjutnya mengenai Basics in Information Retrieval and Machine Learning, disampaikan oleh Mirna Adriani. Selain itu, seminar dengan tema lainnya yang disampaikan oleh Yohanes Stefanus adalah Hiding and Retrieving Information in Music using Wavelet Transform. Stefanus menjelaskan mengenai transformasi dalam penguraian suatu signal (musik) menjadi set of wavelet.

Untuk melatih keterampilan para peserta summer school, workshop menjadi rangkaian yang ditunggu-tunggu karena peserta dapat langsung mempraktikkan dan mencoba berbagai tools yang berhubungan dengan penelitian Information Retrieval. Workshop pertama disampaikan oleh Knees dan Thomas Lidy mengenai music content similarity and genre/mood classification. Dalam kesempatan lainnya Lidy  kembali memberikan workshopnya dengan judul deep learning/automatic feature learning. Workshop dengan tema music context-based similarity and indexing dipresentasikan oleh Markus Schedl. Selain kemampuan dalam bidang information retrieval, peserta juga mendapatkan pelatihan mengenai bagaimana mendesain program, aplikasi, dan tools sehingga sesuai dengan kenyamanan pengguna. Pelatihan tersebut disampaikan oleh Bruce Ferwerda yang sekaligus sebagai penutup kegiatan utama summer school 2017.