Fasilkom UI Doctoral Promotion – Dr. Rizal Fathoni Aji

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > E-News > Fasilkom UI Doctoral Promotion – Dr. Rizal Fathoni Aji

PromdokRizal5Rabu (18/1) Fakultas Ilmu Komputer menyelenggarakan Sidang Promosi Doktor kepada Sdr. Rizal Fathoni Aji. Sidang promosi dilaksanakan di AULA Fasilkom UI dengan judul disertasi Modifikasi Time Division Multiple Access untuk Optimasi Throughput pada Jaringan Nirkabel IEEE 802.11.

Dalam disertasinya, Pak Rizal berpendapat bahwa saat ini tren penggunaan data mulai mengarah ke data multimedia. Pertumbuhan CAGR (Compound Annual Grouth Rate) mobile video dari tahun 2015-2020 meningkat dari keseluruhan traffic. Dalam beban kerjanya, traffic video memiliki karakteristik dimana beban load akan tinggi hanya pada saat tertentu saja, tidak seperti web yang aktif sepanjang waktu. Untuk itu, pada penelitian ini Rizal mencoba memodifikasi TDMA dalam mengoptimalkan jaringan nirkabel IEEE 802.11. Penelitian terakhir dioptimalisasi dengan menggunakan CSMA/CA yang ternyata hanya cocok untuk jaringan dengan jumlah node sedikit dan traffic rendah. Meskipun demikian CSMA/CA memiliki fleksibilitas lebih tinggi dibandingkan TDMA, namun TDMA memiliki keunggulan pada quality of service (QoS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme pembagian sesi pengiriman tanpa menggunakan sychronized clock dapat dilakukan dengan digantikan oleh mekanisme sensing dan space. Selain itu, implementasi TDMA yang diusulkan dalam penelitian ini menghasilkan throughput 30% lebih baik dibandingkan CSMA/CA dan menurunkan jumlah collision yang terjadi.

Sidang promosi diketuai oleh Mirna Adriani, Ph.D. yang juga bertindak sebagai penguji. Dengan promotor Prof. Heru Suhartanto, Ph.D. dan Setiadi Yazid, Ph.D. sebagai ko-promotor. Selain itu, turut mengundang penguji antara lain Dr. Rusdianto Rustam, Bobby Nazief, Ph.D., Betty Purwandari, Ph.D., Bob Hardian, Ph.D., Dr. Petrus Mursanto, dan Dr.Eng. Wisnu Jatmiko. Hasil disertasi dipresentasikan dengan baik sehingga mendapatkan yudisium Sangat Memuaskan. Sebagai lulusan ke 64, gelar Doktor Ilmu Komputer diberikan kepada Dr. Rizal Fathoni Aji.