Promosi Doktor Fasilkom UI – Dr. Darmawan Napitupulu

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Promosi Doktor Fasilkom UI – Dr. Darmawan Napitupulu

2 PromdokDarmawan-CS

Fasilkom UI menyelenggarakan sidang promosi doktor dalam rangka penganugerahan gelar Doktor Ilmu Komputer kepada Sdr. Darmawan Napitupulu pada Senin, 9 Mei 2016. Sidang promosi dilaksanakan di Auditorium Fasilkom UI Depok dengan ketua sidang oleh Prof. Dr. Toemin A. Masoem. Judul disertasi yaitu Pengembangan Model Kematangan E-Government di Indonesia.

E-Government didefinisikan sebagai pemanfaatan TIK dalam proses pemerintahan untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan. Dua ciri utama yang harus ada pada sistem e-Government yakni ketersediaan (availability) dan aksesibilitas (accessibility). Namun berdasarkan penelitian, saat ini implemetasi e-Government di Indonesia masih dikatakan belum optimal. Hal ini dinilai dikarenakan adanya beberapa faktor kegagalan dalam penerapannya, misalnya kurang kompetensi mengenai TI, infrastuktur TI yang tidak cukup, konflik kebijakan pemerintah, faktor budaya dan lain sebagainya. Berangkat dari permasalahan tersebut, penelitian ini dibuat untuk menggali dan menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi e-Government di Indonesia sehingga dapat mendukung pengembangan sistem. Selain itu, dalam penelitian ini peneliti mengembangkan model kematangan e-Government berdasarkan faktor sukses yang digunakan untuk mengukur pengembangan e-Government di Indonesia.

Hasil penelitian menunjukkan data indentifikasi, analisa dan validasi 35 (tiga puluh lima) faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam implementasi sistem e-Government dimana keseluruhan faktor sukses dikelompokkan ke dalam 4 dimensi yaitu resources, driver, value, dan outcome. Data lainnya berupa model kematangan implementasi e-Government di Indonesia yang terdiri dari 7 state yaitu non-existing, absence, use, monitor, evaluate, control, dan revise.

Sidang promosi dipromotori oleh Prof. Dr. Aniati Murni A. dan ko-promotor Dana Indra Sensuse, Ph.D. Turut mengundang penguji antara lain Dr. Indra Budi, Yudho Giri Sucahyo, Ph.D., Setiadi Yazid, Ph.D., Harry Budi Santoso, Ph.D., dan Prof. Dr. Richardus Eko Indrajit. Disertasi dipresentasikan dengan baik sehingga mendapatkan yudisium Sangat Memuaskan. Sebagai lulusan DIK Fasilkom UI ke-52, gelar doktor diberikan kepada Dr. Darmawan Napitupulu. (ip)

Leave a Reply