Fasilkom UI Doctoral Promotion – Dr. Ida Nurhaida

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > E-News > Fasilkom UI Doctoral Promotion – Dr. Ida Nurhaida

Promdok-IdaH-CSKamis (14/1), Fasilkom UI menyelenggarakan Sidang Promosi Doktor Ilmu Komputer kepada Sdri. Ida Nurhaida. Sidang yang diketuai oleh Prof. Dr. Toemin A. Masoem (Guru Besar Fasilkom UI) ini mengusung judul disertasi “Metode Deteksi Motif Batik Menggunakan Clustering Fitur-Fitur Scale Invarian Feature Transform (SIFT) pada Ruang Hough”.

Dalam penelitian ini, peneliti beranggapan bahwa pemanfaatan teknologi  informasi dalam bentuk metode deteksi motif batik dapat mendukung perkembangan industri kreatif karena sistem ini nantinya dapat dijadikan sebagai acuan bagi perkembangan elemen-elemen desain motif batik. Fokus dalam penelitian ini adalah deteksi motif batik yang memiliki karakteristik kemunculan yang berulang, multi translasi, multi skala, dan multi orientasi. Domain batik dengan pola geometrisnya dipilih sebagai area implementasi pada penelitian ini.

Metode deteksi motif batik yang diusulkan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan fitur SIFT dan serangkaian post processing berupa voting Hough Transform, clustering, smoothing, deteksi peak, penambahan jumlah minimum voting dan penggabungan konfigurasi yang memiliki nilai kedekatan. Pada citra kueri dilakukan ekstraksi fitur dengan menggunakan SIFT. Pada penelitian ini dikembangkan pula beberapa metode deteksi obyek yang berfungsi sebagai pengambilan keputusan terhadap keberadaan obyek tertentu pada citra kueri. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu mengenali komponen-komponen obyek batik berdasarkan kelasnya.

Sidang promosi yang dilaksanakan di AULA Fasilkom UI ini dipromotori oleh Prof. Dr. Aniati Murni dan ko-promotor Hisar Maruli Manurung, Ph.D. Turut menghadirkan penguji antara lain: Prof. Heru Suhartanto, Ph.D., Dr. Agus Buono, Mirna Adriani, Ph.D., M. Ivan Fanany, Ph.D., dan Wahyu Catur Wibowo, Ph.D. Disertasi dipresentasikan dengan yudisium Sangat Memuaskan. Sebagai lulusan ke 51 dari Program Doktor Ilmu Komputer UI, gelar Doktor Ilmu Komputer diberikan  kepada Dr. Ida Nurhaida. (ip)

Leave a Reply