Promosi Doktor Ilmu Komputer – Dr. Soetrisno

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Promosi Doktor Ilmu Komputer – Dr. Soetrisno

Senin (11/1), Fasilkom UI menyelenggarakan Sidang Promosi Doktor Ilmu Komputer kepada Sdr. Soetrisno. Dengan judul disertasi “Adjacency Hyperedges Matrix, Sebuah Model Hypergraph untuk Identifikasi Relasi Struktural Objek Komposisi”, sidang dilaksanakan di Ruang Auditorium Fasilkom UI Depok.

Dalam penelitiannya, peneliti melakukan pengembangan pada model hypergraph yang dinamakan Adjacency hyperedges matrix yang merupakan modifikasi dari Adjacency vertices matrix, mendefinisikan persamaan koneksi objek-jamak, dan mengembangkan enam algoritma. Hypergraph dipilih menjadi model representasi koneksi objek-jamak pada penelitian ini karena hyperedge (edge) dapat menghubungkan lebih dari dua vertices. Vertex digunakan untuk merepresentasikan objek dan hyperedge digunakan untuk merepresentasikan fitur atau pasangan.

Terdapat enam algoritma yang turut dikembangkan pada penelitian ini yang berfungsi sebagai (1) algoritma untuk mengkonstruksi hypergraph dari incident matrix, (2) algoritma Adjacency hyperedges matrix dan empat persamaan koneksi objek-jamak untuk memastikan dataset merupakan partially similar, (3) algoritma pengenalan dan konstruksi relasi struktural objek komposisi, (4) algoritma optimisasi terhadap relasi struktural objek komposisi yaitu poset yang transitive closure dengan menyederhanakan representasi poset menjadi objek komposisi yang identik yaitu equivalence class, (5) algoritma untuk menghilangkan transitive path pada poset yang transitive closure menghasilkan Hasse diagram, dan (6) algoritma pengenalan component of graph atau forest graph. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa model yang dikembangkan mampu melakukan identifikasi relasi struktural objek komposisi, penyederhanaan representasi  relasi stuktural objek komposisi, dan mengidentifikasi component of graph.

Sidang promosi Doktor ini diketuai oleh Dekan Fasilkom UI, Mirna Adriani, Ph.D. Sebagai Promotor adalah Prof. Heru Suhartanto, Ph.D. dan Prof. Belawati H. Widjaja, Ph.D. sebagai Ko-promotor. Turut menghadirkan penguji antara lain Dr. A. Nizar Hidayanto, Prof. Dr. Kudang Boro Seminar, Setiadi Yazid, Ph.D., Dana Indra Sensuse, Ph.D., dan Dr. R. Yugo Kartono Isal. Hasil disertasi dipresentasikan dengan yudisium Sangat Memuaskan. Sebagai lulusan ke-50 dari program Doktor Fasilkom UI, gelar Doktor Ilmu Komputer diberikan kepada Dr. Soetrisno.