Press Release: Dies Natalis ke-22 FASILKOM UI

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Announcement > Press Release: Dies Natalis ke-22 FASILKOM UI

Fakultas Ilmu Komputer UI (Fasilkom UI) tahun ini genap berusia 22 tahun. Didirikan secara resmi pada tahun 1993 oleh Dr. Indro S. Suwandi, Fasilkom UI mengawali pembentukannya dari sejak pertama berdirinya Pusat Ilmu Komputer (Pusilkom) di Indonesia tahun 1972. Dalam perjalanannya, Pusilkom dan Fasilkom UI menorehkan beragam inovasi dan sumbangsih pada Ilmu Komputer, dan Teknologi Informasi di Indonesia.

Dalam rangka Peringatan Dies Natalis pada tanggal 21 Oktober 2015 ini, Fasilkom UI akan melangsungkan delapan mata acara, baik yang bersifat internal maupun terbuka bagi publik. Sebagian besar mata acara mengangkat topik terkait Inovasi, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di bidang TIK (Teknologi, Informasi, Komunikasi). Acara diselenggarakan dengan melibatkan kerjasama dengan sektor industri, maupun institusi pendidikan di dalam maupun luar negeri.

Rangkaian mata acara dalam menyambut Dies Natalis ke-22 Fasilkom UI, antara lain :

1)      COMPFEST 2015

        Tgl 3 & 4 Oktober 2015, Balairung UI Depok

2)      PRAGMA 29

        Tgl 7 – 9 Oktober 2015, Fasilkom UI Depok

3)      Pelatihan Jurnal Internasional

       Tgl 9 & 12 Oktober 2015, Fasilkom UI Depok

4)      Diseminasi Riset

        Tgl 10 Oktober 2015, Pusat Studi Jepang UI Depok

5)      ICACSIS 2015

        Tgl 10 & 11 Oktober 2015, Pusat Studi Jepang UI Depok

6)      Workshop Robotika

        Tgl 11 oktober 2015, Pusat Studi Jepang UI Depok

7)       Pelatihan Jurnal JIKI/JSI

        Tgl 13 Oktober 2015, Fasilkom UI Depok

8)      Peringatan Dies Natalis FASILKOM UI

        Tgl 21 Oktober 2015

Rangkaian acara tersebut menghadirkan Keynotes Speakers yang merupakan profesional pada bidangnya : Prof. Kevin Burrage (University of Oxford), Prof Jose A.B. Fortes (University of Florida), Prof. Subhas Mukhopadhyay (Massey University). Begitupula Narasumber : Prof. Tole Sutikno (Chief Editor Jurnal TELKOMNIKA), Prof. Ir. Isti Surjandari P (Guru Besar UI), Dr. Eng Wisnu Jatmiko (Fasilkom UI), Harry Budi Santoso, Ph.D (Fasilkom UI), Dr. Rifki Sadikin (LIPI), Dr. dr. Andri Lubis (Head of Research Department Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo). Mata acara yang mengangkat topik Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ini, diketuai oleh Prof. Heru Suhartanto, Ph.D (Guru Besar UI & Staf Pengajar Fasilkom UI).

Begitupula pada Ajang COMPFEST2015 yang merupakan perhelatan ke-7 di tahun 2015 ini, menghadirkan para praktisi yang membahas berbagai inovasi TIK pada bisnis di masa depan. Diantaranya adalah Fung FukLestario (Rupawa.com), Gustavo Matsumoto Rosendo dos Santos (Gameloft Yogyakarta), Ketut Sulistyawati (Somia Customer Experience), Leotinus Alpha Edison (Tokopedia), Panji Wasmana (IBM), Petar Aleksic (Google New York City), Steven Burnett (Google Mountain View, California), Tuhu Nugraha (Upnormals PingFans). Compfest 2015 diketuai oleh Jundi Ahmad Alwan (Mahasiswa Sistem Informasi Fasilkom UI).

Melalui rangkaian acara Dies Natalis ke-22 Fasilkom UI, diharapkan dapat menjadi inspirasi dan suluh semangat bagi kemajuan serta inovasi TIK di Indonesia.  Dan menjadi pendorong sumbangsih berkelanjutan bagi penelitian dan pengabdian masyarakat di negeri tercinta ini.

****

Contact Person

humasfasilkom@cs.ui.ac.id

Fakultas Ilmu Komputer

Universitas Indonesia