Press Release: PRAGMA 29 & ICACSIS 2015 International Conferences

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Announcement > Press Release: PRAGMA 29 & ICACSIS 2015 International Conferences

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menyelenggarakan rangkaian acara berbasis internasional yang menghadirkan para praktisi IT dari dalam dan luar negeri. Rangkaian acara tersebut adalah PRAGMA 29 (The Pacific Rim Application and Grid Middleware Assembly) dan ICACSIS 2015 (International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems) yang dilaksanakan di Kampus Universitas Indonesia, Depok.

PRAGMA 29

Pertemuan Ilmiah PRAGMA 29 akan diselenggarakan pada tanggal 7-9 Oktober 2015 di Fasilkom UI. Acara ini merupakan forum internasional yang bertujuan untuk mempresentasikan dan mendiskusikan kemajuan kolaborasi penelitian yang sedang berlangsung serta untuk berbagi pengalaman dan teknik baru. Beberapa negara di wilayah Asia Pasifik yang turut berpartisipasi baik sebagai peserta maupun narasumber, yaitu Amerika Serikat, Thailand, Jepang, Taiwan, Indonesia, Malaysia, dan Korea Selatan.

Acara akan dibuka pada tanggal 7 Oktober 2015 di Auditorium Fasilkom UI. PRAGMA 29 ini mengundang keynote speakers, antara lain Prof. Heru Suhartanto, Ph.D (Universitas Indonesia), Prof. Beth A. Plale, Ph.D (Indiana University), dan Peter Arzberger, Ph.D (University of California San Diego dan General chair of PRAGMA). Pertemuan Ilmiah PRAGMA 29 turut menghadirkan Aimee Stewart, Ph.D (University of Kansas), Miao Chen, Ph.D (Indiana University), Nadya Williams, Ph.D (University of California San Diego), Dr. Rifki Sadikin (LIPI), dan Dr. dr. Andri Lubis (Head of Research Department, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo).

ICACSIS 2015

Pada tanggal 10 & 11 Oktober 2015 akan berlangsung ICACSIS 2015, bertempat di Pusat Studi Jepang UI. Konferensi ICACSIS 2015 merupakan forum internasional yang menghadirkan para peneliti, professional, mahasiswa serta pakar di bidang ilmu komputer dan sistem informasi, yang berasal dari dalam dan luar negeri.

ICACSIS 2015 telah terindeks oleh SCOPUS dan kembali didukung oleh Asosiasi Profesional Tingkat Internasional dan Pengembangan Teknologi yang dikenal dengan IEEE. ICACSIS 2015 menjadi wadah bagi peserta untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, inovasi dan perkembangan informasi terkini mengenai metodologi, teori, aplikasi dalam semua aspek system engineering, human machine interaction, interface dan berbagai aplikasi bermanfaat lainnya. Beberapa negara yang turut berpartisipasi dan hadir dalam ICACSIS 2015, yaitu Jepang, Inggris, Jerman, India, Korea Selatan, Amerika Serikat, Autralia, Singapore, Iran, New Zealand, dan Indonesia.

Opening ceremony ICACSIS 2015 akan dibuka secara resmi pada hari Sabtu, 10 Oktober 2015 pkl 09.00 WIB oleh Mohammed Ali Berawi M.Eng. Sc. Ph.D (Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat UI), Mirna Adriani, Ph.D (Dekan Fasilkom UI), dan Prof. Heru Suhartanto, Ph.D (Ketua Umum ICACSIS 2015). Konferensi ICACSIS 2015 turut menghadirkan Keynotes Speakers antara lain Prof. Kevin Burrage (University of Oxford), Prof Jose A.B. Fortes (University of Florida), dan Prof. Subhas Mukhopadhyay (Massey University). Topik yang akan dibahas mencakup aspek Computer Architecture and High Performance Computing, Pattern Recognition, Information Retrieval, Computer Networks, Distance Learning, E-Government dan IT Governance.

Jumlah paper (makalah) yang di submit pada tahun ini yakni 124 paper dari beberapa negara. Setelah melalui tahap seleksi dan review ketat oleh committee ICACSIS, diperoleh 52 paper yang lolos seleksi untuk dipresentasikan dalam rangkaian acara ICACSIS 2015. ICACSIS 2015 terbagi menjadi 2 main event yaitu Plenary Speech dan Parallel Session. Konferensi ICACSIS 2015 didukung oleh Direktorat Riset & Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Tarumanegara dan Departemen Ilmu Komputer Institut Pertanian Bogor sebagai co-host ICACSIS 2015. Begitupula Indonesian Society for Soft-Computing dan APTIKOM sebagai technical support ICACSIS 2015.

****

Contact person :

humasfasilkom@cs.ui.ac.id

Fakultas Ilmu Komputer

Universitas Indonesia