Promosi Doktor Ilmu Komputer 2015 – Siti Rohajawati

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Promosi Doktor Ilmu Komputer 2015 – Siti Rohajawati

Manajemen pengetahuan (knowledge management) merupakan pemberdayaan informasi dan teknologi dalam sebuah organisasi atau perusahaan secara efektif dan efisien. Salah satu bidang yang sangat membutuhkan manajemen pengetahuan adalah bidang kesehatan. Manajemen pengetahuan yang baik dalam industri kesehatan dapat meningkatkan keamanan pasien, keakuratan diagnosa, dan kualitas pelayanan kesehatan, serta mengurangi biaya secara keseluruhan.

Sayangnya, bidang kesehatan mental secara spesifik masih jarang menerapkan manajemen pengetahuan. Padahal, pertumbuhan populasi serta peningkatan kebutuhan sosial dan ekonomi yang terjadi sekarang ini memperhadapkan masyarakat dengan lebih banyak tekanan dibanding tahun-tahun sebelumnya, dan hal ini sangat berdampak terhadap kesehatan mental masyarakat. Data-data menunjukkan bahwa jumlah penderita gangguan kesehatan mental di daerah Jawa Barat meningkat tajam, dan Riset Kesehatan Dasar 2007 menunjukkan bahwa Indonesia menderita kerugian ekonomi senilai Rp. 20 milyar karena permasalahan kesehatan mental. Oleh karena itu, kesehatan mental menjadi semakin krusial, dan dibutuhkan manajemen pengetahuan yang efektif untuk menanggulangi permasalahan ini.

Berdasarkan keadaan ini, Siti Rohajawati, mahasiswi program Doktor Ilmu Komputer Fasilkom UI, menulis disertasi berjudul “Model and Strategy of Mental Health Knowledge Management” (Model dan Strategi Manajemen Pengetahuan Kesehatan Mental) yang membahas tentang penerapan manajemen pengetahuan dalam bidang kesehatan mental. Siti juga menggunakan soft system methodology (SSM) dan ethnography untuk merancang model mental health knowledge management (MHKM), clinical experts, process & cycle, organizational knowledge serta structural component. Disertasi ini juga mengusulkan sebuah sistem MHKM beserta penerapannya yang efektif agar tujuan-tujuan organisasi dapat tercapai.

Disertasi ini dipresentasikan pada tanggal 27 Juli 2015 di Aula Fasilkom UI. Sidang disertasi yang dipimpin oleh Mirna Adriani, Ph.D. ini mengundang Prof. Dr. Aniati Murni Arymurthy dan Dana Indra Sensuse, Ph.D. sebagai promotor dan ko-promotor, serta menghadirkan lima orang penguji, yaitu Prof. Dr. Engkos Koswara Natakusuma, Dr. Eko K. Budiardjo, Yudho Giri Sucahyo, Ph.D., Dr. A. Nizar Hidayanto, dan Dr. Indra Budi. Disertasi ini mendapatkan nilai cumlaude, dan Gelar Doktor Ilmu Komputer pun diberikan pada Dr. Siti Rohajawati sebagai lulusan program Doktor Fasilkom UI ke-48. (SA)

Leave a Reply