Promosi Doktor Ilmu Komputer – Dr. Gerry Firmansyah

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Promosi Doktor Ilmu Komputer – Dr. Gerry Firmansyah

Pada hari Rabu, 24 Juni 2015, Fasilkom UI menggelar sidang terbuka untuk penganugerahan gelar Doktor Ilmu Komputer kepada Gerry Firmansyah. Sidang yang digelar di Auditorium Fasilkom UI dipimpin oleh Mirna Adriani, Ph.D. dan menghadirkan Prof. Zainal A. Hasibuan sebagai promotor dan Yudho Giri Sucahyo, Ph.D. sebagai ko-promotor.

Disertasi Gerry Firmansyah yang berjudul “Pemodelan Government Enterprise Architecture Framework Berbasis Principal Component Analysis” ini berusaha mengembangkan model government enterprise architecture (GEA) framework untuk kasus Indonesia dengan principal component analysis sehingga bisa memberi manfaat maksimal bagi implementasi e-government di Indonesia. Peneliti mencari komponen-komponen yang mempengaruhi pengembangan enterprise architecture framework. Setelah itu, peneliti merumuskan cara mengembangkan GEA framework berbasiskan principal component analysis serta bentuk evaluasi GEA tersebut dalam implementasi e-government.

Dari hasil penelitian, ditetapkan bahwa komponen pembentuk enterprise architecture Indonesia adalah komponen tata kelola, sistem, peraturan, manajemen, dan aplikasi key operasional. Berdasarkan hasil wawancara dengan berbagai instansi di Indonesia dan membandingkan dengan GEA negara lain, peneliti juga menemukan bahwa GEA tidak dapat diadopsi langsung, tetapi harus memperhatikan komponen utama di negara tersebut. Selain itu, hasil survey juga menunjukkan bahwa tata kelola GCIO juga merupakan komponen penting dalam mengimplementasikan e-government.

Penelitian ini diberi apresiasi tinggi oleh tim penguji yang terdiri dari Dr. A. Nizar Hidayanto, Dr. Ing. M. Sukrisno Mardiyanto, Dr. Eko K. Budiarjo, Betty Purwandari Ph,D., dan Dr. Indra Budi, dan diberi yudisium Sangat Memuaskan. Gelar Doktor Ilmu Komputer pun dianugerahkan kepada Dr. Gerry Firmansyah sebagai lulusan program DIK Fasilkom ke-41. (SA)

Leave a Reply