Promosi Doktor Ilmu Komputer 2015 – Dr. Arief Fatchul Huda

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Promosi Doktor Ilmu Komputer 2015 – Dr. Arief Fatchul Huda

Dalam rangka penganugerahan gelar Doktor Ilmu Komputer kepada Arief Fatchul Huda, Fasilkom UI menyelenggarakan acara Promosi Doktor Ilmu Komputer pada hari Jumat, 13 Februari 2015. Acara dilaksanakan di AULA Fasilkom UI dengan judul disertasi “Algoritma Klastering Spatial dan Spatiotemporal Berdasarkan Struktur Ketetanggaan Pada Data Raster”.

Dalam risetnya, peneliti menjelaskan bahwa Struktur Ketetanggaan merupakan salah satu unsur spatial data yang terdiri dari susunan data dengan data disekitarnya. Ada dua relasi spatial dalam struktur ketetanggaan yaitu relasi ketetanggaan dan relasi arah. Dengan memanfaatkan data raster, peneliti membentuk struktur ketetanggaan menjadi susunan data berukuran 3X3. Kemudian untuk proses klastering, peneliti mengubah struktur ketetanggaan tersebut menjadi bentuk barisan sehingga dapat memanfaatkan Metode Klastering Barisan. Dengan menggunakan kemiripan dari subbarisan, metode ini dapat memberikan pola-pola dengan nilai kemiripan yang tinggi. Hasil dari penelitian ini kemudian dapat dimanfaatkan kembali untuk melakukan analisa co-location atau analisa kejadian yang berdekatan (bertetangga).

Sidang ini diketuai oleh Mirna Adriani, Ph.D. Bertindak sebagi promotor yakni Prof. T Basaruddin, Ph.D. dan ko-promotor Ito Warsito, Ph.D. Turut menghadirkan penguji yaitu Dr. Dwi Hendratmo W., Hisar Maruli Manurung, Ph.D, Mohamad Ivan Fanany, Ph.D., Dr. Ade Azurat, dan Wahyu C. Wibowo, Ph.D. Hasil disertasi dipresentasikan dengan sangat baik sehingga mendapatkan yudisium Sangat Memuaskan. Sebagai lulusan ke-38 Fasilkom UI, gelar Doktor Ilmu Komputer dianugerahkan kepada Dr. Arief Fatchul Huda.

Leave a Reply