Promosi Doktor Ilmu Komputer – Dr. Sidik Mulyono

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Promosi Doktor Ilmu Komputer – Dr. Sidik Mulyono

Fasilkom UI menyelenggarakan sidang terbuka dalam rangka penganugerahan Doktor Ilmu Komputer kepada Sidik Mulyono pada hari Jumat, 6 Februari 2015. Acara dilaksanakan di Ruang 1213 Fasilkom UI dengan judul disertasi “Aplikasi Data Penginderaan Jauh Untuk Deteksi Fase Tumbuh Padi Dengan Metode Heuristik dan Prediksi Panen Padi Dengan Pembelajaran Mesin”.

Penelitian ini bertujuan untuk mencari metode baru dalam melakukan prediksi panen padi dengan menggunakan data penginderaan jauh Moderate-resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS), serta pemantauan fase tumbuh tanaman padi di Indonesia. Peneliti melakukan pendeteksian dengan metode heuristic berbasis indeks spectral yang telah divalidasi dengan data lapangan. Selanjutnya peneliti membangun model prediksi dengan menggunakan 3 jenis pembelajaran mesin berbasis Kernel, yaitu  kernel-based regularized principal component regression (RK-PCK), kernel-based extreme learning machine (RK-ELM), dan kernel-based support vector machine (SVM). Selain itu, peneliti juga membahas metode penghapusan awan yang dianggap efektif dalam meningkatkan kemampuan prediksi panen padi sehingga dapat memenuhi 3 kelas fase tumbuh tanaman padi.

Sidang ini diketuai oleh Mirna Adriani, Ph.D. Bertindak sebagi promotor yakni Prof. T Basaruddin, Ph.D. dan ko-promotor M. Ivan Fanany, Ph.D serta Dr. Muhammad Sadly (BPPT). Turut menghadirkan penguji yaitu Prof. Dr. Aniati Murni Arymurthy, Hisar Maruli Manurung, Ph.D, Lim Yohanes Stefanus, Ph.D, Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, dan Dr. Sri Nurdiati (FMIPA IPB). Hasil disertasi dipresentasikan dengan sangat baik sehingga mendapatkan yudisium Sangat Memuaskan. Sebagai lulusan ke-37 Fasilkom UI, gelar Doktor Ilmu Komputer dianugerahkan kepada Dr. Sidik Mulyono.

Leave a Reply