Promosi Doktor Ilmu Komputer – Dr. Hapnes Toba

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > E-News > Promosi Doktor Ilmu Komputer – Dr. Hapnes Toba

Fasilkom UI menyelenggarakan sidang terbuka dalam rangka penganugerahan Doktor Ilmu Komputer kepada Hapnes Toba pada hari Selasa, 13 Januari 2015. Acara dilaksanakan di Ruang 1213 Fasilkom UI dengan judul disertasi “Pemodelan Frasa Pengandung Jawaban (ABP-LG) Untuk Sistem Tanya Jawab”.

Riset ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan metode baru yang dapat meningkatkan relevansi cuplikan teks dan mencari strategi untuk melakukan ekstraksi jawaban dengan mengkombinasikan pendekatan statistik dan simbolik. Terdapat dua usulan dalam penelitian ini, pertama adalah penggunaan model kualitas jawaban yang dikembangkan dari STJ (Sistem Tanya Jawab) berbasis komunitas sebagai alat untuk melakukan pengurutan ulang cuplikan teks. Kedua adalah pembentukan model jawaban melalui pembelajaran frase pengandung jawaban terkecil dan terlengkap (Least Generalized Answer Bearing Phrase | ABP-LG) sebagai sarana untuk memprediksi bagian kalimat yang paling memungkinkan mengandung jawaban. Dari hasil risetnya, peneliti memperlihatkan bahwa kombinasi model ABP-LG dengan sistem berbasis pola mampu memberikan kontribusi dalam perbaikan hasil ekstraksi jawaban secara signifikan untuk tipe pertanyaan faktoid maupun kompleks.

Sidang ini diketuai oleh Prof. T Basaruddin, Ph.D. Bertindak sebagi promotor yakni Prof. Belawati H. Widjaja, Ph.D dan ko-promotor Mirna Adriani, Ph.D serta Hisar Maruli Manurung, Ph.D. Turut menghadirkan penguji yaitu Dr. A. Nizar Hidayanto, Rila Mandala, Ph.D, Ito Wasito, Ph.D dan Dr. Indra Budi. Hasil disertasi dipresentasikan dengan sangat baik sehingga mendapatkan yudisium Sangat Memuaskan, yakni 3.95. Sebagai lulusan ke-36 Fasilkom UI, gelar Doktor Ilmu Komputer dianugerahkan kepada Dr. Hapnes Toba.

Leave a Reply