Compfest 2014 Fasilkom UI

Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM) Universitas Indonesia menyelenggarakan Compfest 2014 pada tanggal 11-12 Oktober 2014 di Gedung Meseum Nasional, Medan Merdeka Barat 12, Jakarta Pusat. Bertajuk “IT Empowerment for The Next Chapter of Globalization”, Compfest 2014 merupakan One Stop IT Event yang menggabungkan berbagai kegiatan edukatif mengenai perkembangan di dunia IT (Informasi dan Teknologi). Perhelatan Compfest 2014 bertujuan untuk membuka dan menambah wawasan masyarakat mengenai pemanfaatan IT dengan menjunjung empat nilai utama, yaitu IT Empowerment, Collaboration, Innovation, dan  Think Globally, Act Locally.

Compfest 2014 secara resmi akan dibuka pada hari Sabtu, 11 Oktober 2014 pkl 10.00 WIB oleh Dr. Petrus Mursanto (Wakil Dekan Bid. 1 Fasilkom UI), Arman Nefi S.H., M.M. (Direktur Kemahasiswaan UI), Lolly Amalia Abdullah (Direktur Kerjasama dan Fasilitasi Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Media Design dan IPTEK) serta Direktur Compfest 2014, Fariskhi Vidyan.

Rangkaian acara Compfest 2014 terdiri dari Seminar, Competition, Roadshow, Academy, Playground, dan Entertainment. Dalam 6 sesi seminar, Compfest menghadirkan para pembicara yang merupakan professional dalam bidangnya. Rangkaian Seminar ini dapat diikuti oleh masyarakat umum (tanpa dikenakan biaya). Para pembicara membahas berbagai inovasi IT pada bisnis di masa depan, diantaranya mencakup topik “Revolution of Human-Computer Interaction with the Internet of Things” (oleh Joko Banu Sastriawan), “The Age of Big Data” (oleh Muhammad Imran), “The Important Things of E-Commerce toward ASEAN Economic Community 2015” (oleh Ferry Unardi dan Aldi Haryopratomo), “How to Implement Business IT Analytic in Indonesia Telecommunication” (oleh Ongki Kurniawan), “Security Vulnerability in Business Perspective” (oleh Budi Gandasoebrata), dan “Code Your Own Drone with Garuda Cloud and AppBuilder” (oleh Pulkit Jaiswal).

Compfest 2014 telah melakukan Roadshow ke berbagai sekolah dan universitas dalam pre-event Compfest. Selain itu, rangkaian Kompetisi telah dimulai sejak Mei 2014 dengan mempersembahkan 5 kompetisi yakni Competitive Programming, Indie Game Ignite, Sumo Robot Battle, Business IT Case, dan Intel RealSanse Challenge. Pengumuman seluruh kompetisi akan dilakukan pada acara puncak Compfest 2014 tanggal 12 Oktober 2014. Di tahun ke-6 sejak pelaksanaan event ini, Compfest 2014 mempersembahkan acara baru yaitu Academy. Rangkaian academy merupakan pelatihan pembuatan animasi (3D) dengan menggunakan aplikasi Open Source dan Blender. Pelatihan yang dilaksanakan pada bulan Mei 2014 ini terdiri dari Animation Academy (edukasi pembuatan film animasi), Short Academy (mini roadshow mengenai keuntungan teknologi untuk mempermudah koordinasi organisasi), dan Workshop bekerjasama dengan bidang kompetisi untuk menambah pengetahuan peserta kompetisi.

Sebagai bentuk apresiasi anak bangsa yang telah menghasilkan karya inovasi di bidang IT, Compfest 2014 juga menghadirkan IT Playground yang merupakan pameran dari berbagai start up, studio games, komunitas, animation studio, serta institusi pendidikan. Tidak hanya itu, suguhan Entertainment dari beberapa musisi Indonesia dan special performance oleh SORE dan The Banery juga akan turut memeriahkan event Compfest 2014.

Informasi pemenang Compfest 2014 dapat dibaca pada site https://bitmagz.cs.ui.ac.id

Leave a Reply