Promosi Doktor Fasilkom UI 2014 – Dr. Pahala Sirait

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Promosi Doktor Fasilkom UI 2014 – Dr. Pahala Sirait

Pada hari Selasa (5/8), Fasilkom UI menyelenggarakan sidang terbuka dalam rangka penganugerahan Doktor Ilmu Komputer kepada Pahala Sirait. Acara dilaksanakan di Ruang Rapat Besar Fasilkom UI dengan judul disertasi “Deteksi Bentuk dan Perubahan Bangunan Menggunakan Citra Satelit Resolusi Tinggi Dengan Pendekatan Geometri”.

Di dalam penelitiannya, Pahala merumuskan sebuah metodologi yang dapat digunakan untuk mendeteksi bentuk dan perubahan yang terjadi pada objek bangunan yang terdiri dari delapan bentuk yaitu cross (+), H, L, O, rectangle, T, U, dan Z dengan menggunakan pendekatan geometri. Pada pendekatan ini, sudut objek digunakan sebagai kriteria penentuan bentuk objek. Pengujian dilakukan pada citra satelit beresolusi tinggi (IKONOS dan QUICKBIRD) dan citra artifisial. Hasil dari penelitian ini adalah algoritma untuk menghilangkan sudut sebagai noise tetapi tidak memunculkan sudut baru yang gagal terdeteksi. Selain itu peneliti juga mengembangkan model yang dapat menelusuri sudut yang mirip dengan binary tree.

Sidang promosi ini diketuai oleh Mirna Adriani, Ph.D., sedangkan Prof. Aniati Murni Arymurthy bertindak sebagai promotor dan Hisar Maruli Manurung, Ph.D sebagai ko-promotor. Selain itu, turut mengundang juga Dr. Eng. Anto Satryo Nugroho, Dana Indra Sensuse, Ph.D., Wahyu C. Wibowo, Ph.D., Dr. A. Nizar Hidayanto, dan Dr. Indra Budi sebagai tim penguji. Hasil disertasi dipresentasikan dengan sangat baik sehingga mendapatkan yudisium sangat memuaskan, yakni 3.70. Sebagai lulusan ke-34 Fasilkom UI, gelar Doktor Ilmu Komputer dianugerahkan kepada Dr. Pahala Sirait.

Leave a Reply