FASILKOM UI Doctorate Promotion 2014 – Dr. Elly Matul Imah

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > E-News > FASILKOM UI Doctorate Promotion 2014 – Dr. Elly Matul Imah

Promosi-Doktor-Elly-Matul-Imah-1-Juli-2014-1024x402

Dalam suasana bulan suci Ramadhan, selasa (1/7), Fasilkom UI menyelenggarakan sidang terbuka dalam rangka penganugerahan Doktor Ilmu Komputer kepada Elly Matul Imah. Acara dilaksanakan di Ruang Rapat Besar Fasilkom UI dengan judul disertasi “Adaptive Multilayer Generalized Learning Vector Quantization (AMGLVQ): Algoritma Pembelajaran Berbasis Kompetisi yang Terintegrasi Antara Seleksi Data, Ekstraksi Fitur dan Klasifikasi”.

Dalam penelitiannya, Elly mengungkapkan bahwa dalam bidang pembelajaran mesin, pengenalan pola adalah proses untuk mengenali atau mengklarifikasikan objek berdasarkan data penelitian. Sistem bekerja dengan mengambil informasi penting dari data pelatihan untuk dimodelkan secara matematis. Pada sistem pengenalan pola terdapat tiga fase utama yaitu resampling, ekstraksi fitur dan klarifikasi. Dalam riset ini, peneliti mengembangkan suatu algoritma pembelajaran yang mengintegrasikan proses seleksi data, ekstreksi fitur dan klasifikasi untuk mengatasi masalah inkonsistensi tersebut.

Algoritma yang diusulkan adalah Adaptive Multilayer Generalized Learning Vector Quantization (AMGLVQ). Algoritma ini dievaluasi dengan menggunakan beberapa jenis dataset untuk mengevaluasi permasalahan imbalanced data. Hasilnya menunjukkan AMGLVQ dapat bekerja lebih efesien dan mampu mengklarifikasi data dengan baik khusunya dataset kelas jamak yang strong imbalanced.

Sidang promosi diketuai oleh Mirna Adriani, Ph.D. Sedangkan yang bertindak sebagai promotor adalah Prof. T. Basaruddin dan Dr. Eng. Wisnu Jatmiko selaku ko-promotor. Kemudian turut mengundang penguji yaitu Prof. Aniati Murni Arymurthy, Dr. Yoga Yuniadi, Dr. Eng. Anto Satriyo Nugroho, Hisar Maruli Manurung, Ph.D., Dr. Eng. M. Ivan Fanany. Hasil disertasi dipresentasikan dengan sangat baik sehingga mendapatkan yudisium sangat memuaskan, yakni 3.78. Sebagai lulusan ke-33 Fasilkom UI, gelar Doktor Ilmu Komputer dianugerahkan kepada Dr. Elly Matul Imah.

Leave a Reply