Program Studi

Magister Teknologi Informasi (E-government)

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Magister Teknologi Informasi (E-government)

This page is also available in: English

Program Magister Teknologi Informasi (E-government)

Program Magister Teknologi Informasi (MTI) e-Government  merupakan Program Beasiswa Dalam Negeri Kominfo, yang dilaksanakan dengan tujuan mewujudkan SDM aparatur pemerintah yang unggul dalam pengembangan e-Government di lingkungan instansi pemerintah Pusat dan Daerah sesuai dengan Instruksi Presiden No. 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government. Sasaran program ini adalah tersedianya SDM pengelola e-Government di lingkungan instansi Pemerintah Pusat dan Daerah. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam penyelenggaraan Program Beasiswa Dalam Negeri Kominfo.

Lama Studi

Kurikulum MTI dengan Program Beasiswa Dalam Negeri Kominfo dirancang untuk studi selama 4 semester. Sesuai perjanjian kerjasama, penerima beasiswa akan mengikuti kelas siang 14:00-16:30 di MTI Fasilkom UI Kampus UI Salemba, Jakarta.

I. Persyaratan Beasiswa S2 Dalam Negeri Kementrian KOMINFO TA 2023

Beasiswa S2 Dalam Negeri diselenggarakan bagi PNS Pusat maupun Daerah, serta anggota TNI/POLRI dan juga masyarakat umum dari kalangan profesional dan instansi swasta untuk melanjutkan pendidikan pascasarjana dalam aspek pengembangan kompetensi di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Di pembukaan program Beasiswa Tahap I, Program studi di Dalam Negeri dapat ditempuh di 9 (sembilan) Perguruan Tinggi yang menjadi mitra kerjasama Kementerian Kominfo dalam penyelenggaraan Program Beasiswa.

A. Adapun persyaratan umum yang harus dipenuhi untuk mengikuti Program Beasiswa ini adalah :

  • Masa kerja minimum 2 tahun;
  • Belum memiliki gelar S2 dan tidak sedang mengikuti program pendidikan S2 dari
    lembaga lain;
  • Persyaratan lainnya mengikuti persyaratan masing-masing Perguruan Tinggi yang
    dipilih;
  • Pendaftar beasiswa hanya diperkenankan untuk mendaftar pada kelas reguler.
  • Outline rencana tugas akhir maksimal 1 halaman (judul, latar belakang, tujuan dan
    manfaat yang sesuai dengan program Transformasi Digitalisasi Nasional).

B. Persyaratan Khusus bagi PNS, TNI/POLRI dalam Program Beasiswa S2 Dalam Negeri adalah:

  • Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada instansi pemerintah Pusat dan Daerah, TNI/POLRI berstatus aktif;
  • Masa kerja minimum 2 tahun (terhitung sejak manjadi CPNS atau setara);
  • Berusia maksimum 45 tahun pada saat mendaftarkan diri;
  • Mendapatkan izin dari pejabat berwenang untuk menjalani pendidikan sesuai dengan ketentuan masing-masing instansi;
  • Persyaratan standar IPK minimal 3,00;
  • Tidak ditujukan bagi PNS dengan jabatan fungsional pengajar pada instansi sektor pendidikan;
  • Ketentuan lain yang harus dipenuhi untuk mengikuti Program Beasiswa S2 Dalam Negeri sebagai berikut :
  • Tugas dan fungsinya dalam pekerjaan berkaitan dengan salah satu program studi yang akan ditempuh yakni pelayanan informasi dan kehumasan pemerintah, tata kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)/Keamanan Informasi, penyusunan strategi dan kebijakan bidang digital serta peningkatan daya saing nasional dalam sektor ekonomi digital.
  • Pendaftar beasiswa hanya diperkenankan untuk mendaftar pada kelas regular.
  • Tidak sedang menjalani hukuman disiplin sedang atau berat dan tidak pernah diajtuhi hukuman dispilin paling kurang tingkat sedang dalam waktu satu tahun terakhir. 
  • Memenuhi persyaratan penetapan tugas belajar sebagaimana dimaksud SE MENPAN RB Nomor 28 Tahun 2021 tentang Pengembangan Kompetensi Pegawai Negri Sipil Melalui Jalur Pendidikan.

Selain itu, Program Beasiswa Kominfo ini terbuka bagi masyarakat umum khususnya angkatan kerja muda untuk melanjutkan pendidikan S2.

Persyaratan Khusus bagi Masyarakat Umum

  • Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Usia maksimum 45 tahun pada saat mendaftarkan diri;
  • Latar belakang pekerjaan di bidang Teknologi Informasi dan Kominukasi dan/atau pelaku startup;
  • Masa kerja minimal 2 (dua) tahun;
  • Menyertakan surat rekomendasi dari pimpinan, dosen atau tokoh lain yang memiliki kredibilitas di bidangnya dan mengenal pelamar dengan baik;
  • Persyaratan standar IPK minimal 3,00;
  • Persyaratan lainnya mengikuti persyaratan masing-masing Perguruan Tinggi yang dipilih.

Program Beasiswa ini dilaksananan dengan Skema cost-sharing, dengan pembangian tanggungjawab sebagai berikut:

  1. Badan Litbang SDM akan menanggung biaya pendidikan yang besarnya sesuai dengan SPP yang telah ditetapkan oleh masing-masing Perguruan Tinggi selama masa studi normal. Badan Litbang SDM juga memberikan bantuan biaya operasional sebesar Rp 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah) per bulan kepada setiap penerima beasiswa.
  2. Satuan kerja akan menanggung biaya-biaya lainnya yang diperbolehkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku selama masa studi berlangsung.

Tim Pengembangan SDM, email: beasiswadn@kominfo.go.id atau telp: 021-3810678 (admin: Anes) dan Sekretariat Akademik MTI Fasilkom UI, email: mti@cs.ui.ac.id atau telp. +62 21 310-6014.

Dokumen Persyaratan yang harus diunggah di portal website Beasiswa Kominfo beasiswa.kominfo.go.id , sebagai berikut:

PNS/TNI/POLRI;

  1. SK CPNS;
  2. SK PNS;
  3. SK Terbaru;
  4. Ijazah & Transkip Nilai S1;
  5. Surat Izin Atasan dari Pimpinan untuk melanjutkan pendidikan tingkat pascasarjana dengan status Tugas Belajar (ditandatangani dengan materai/e-materai 10.000 sesuai dengan format terlampir I);
  6. Pemenuhan persyaratan relevansi tugas dan fungsi pekerjaan dengan program studi yang dipilih , bagi PNS dibuktikan dengan Surat Pernyataan Melaksanakan Jabatan (SPMJ)/ Surat Keputusan / Surat Tugas yang menyatakan yang bersangkutan tugas dan fungsinya pada Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi/Pengelolaan TIK/Keamanan Informasi, dan Surat Keputusan Jabatan Struktural bagi yang sudah menjabat atau Surat Penempatan dari unit yang menangani kepegawaian dari masing-masing instansi kepada yang bersangkutan untuk melaksanakan tugas di bidang terkait di atas meterai/e-meterai 10.000;
  7. Dokumen lainnya yang mendukung tugas dan fungsi pekerjaan dengan program studi yang dipilih (apabila dokumen yang dilampirkan lebih dari 1, mohon untuk dapat digabung dalam 1 dokumen PDF);
  8. Surat keterangan lulus penerimaan dari Perguruan Tinggi pilihan (dapat diupload setelah lulus ujian penerimaan di Perguruan Tinggi). 

UMUM :

  1. Daftar riwayat hidup;
  2. Surat keterangan kerja;
  3. Ijazah & Transkip Nilai S1;
  4. Melampirkan surat rekomendasi dari pimpinan, tokoh kredibilitas di bidangnya dan mengenal pelamar dengan baik (sesuai dengan format Lampiran II);
  5. Pemenuhan persyaratan relevansi tugas dan fungsi pekerjaan dengan program studi yang dipilih, dibuktikan dengan dokumen lainnya yang mendukung tugas dan fungsi pekerjaan dengan program studi yang dipilih (apabila dokumen yang dilampirkan lebih dari 1, mohon untuk dapat digabung dalam 1 dokumen PDF); dan 
  6. Surat keterangan lulus penerimaan dari Perguruan Tinggi pilihan (dapat diupload setelah lulus ujian penerimaan di Perguruan Tinggi).

Kementrian Kominfo akan melakukan verifikasi dan seleksi tahap akhir dan selanjutnya pengumuman Penerima Beasiswa Kementrian Kominfo TA 2023 akan disampaikan secara resmi melalui akun masing-masing pada portal website Beasiswa Kominfo.

Jadwal seleksi masuk Mitra Perguruan Tinggi Kementrian Kominfo Tahun 2023 dapat diakses pada masing-masing situs resmi penerimaan mitra Perguruan Tinggi atau website Beasiswa Kominfo pada  beasiswa.kominfo.go.id 

II. Persyaratan Beasiswa S2 Luar Negeri Kementrian KOMINFO TA 2023

Beasiswa S2 Luar Negeri Kementerian Komunikasi dan Informatika TA 2023 kembali dibuka bagi Aparatur Pemerintah Pusat/Anggota TNI/POLRI dan non-PNS dari Kementrian/LPNK/BUMN/Swasta/Pelaku startup dengan latar belakang pekerjaan bidang TIK yang berminat untuk melanjutkan studi Magister di bidang studi terkait Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Pendaftaran untuk program beasiswa S2 Luar Negeri dibuka untuk program studi tertentu di 5 (lima) Negara tujuan studi yaitu: Tiongkok, India, Belanda, Hungaria dan Jepang. Calon pendaftar agar memperhatikan batas waktu pendaftaran ke kementrian Kominfo serta perguruan tinggi yang dituju.

Persyaratan pelamar Beasiswa S2 Luar Negeri Kementrian Kominfo terbagi menjadi persyaratan umum yang berlaku untuk seluruh skema beasiswa di seluruh Universitas dan Negara Tujuan Studi serta Persyaratan khusus yang berlaku secara spesifik untuk Negara tujuan dan perguruan tinggi tertentu.     

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Berlatar belakang pekerjaan disektor teknologi informasi dan komunikasi dan pelaku start-up (bagi pelamar dari masyarakat umum, termasuk penyandang disabilitas);
  3. Berusia maksimal 45 tahun pada saat mendaftar;
  4. Belum memiliki gelar S2 dan tidak sedang menerima beasiswa lain dan/atau sedang mengikuti program pendidikan S2 baik atas biaya sendiri maupun dari lembaga lain;
  5. Mendapatkan izin dari pejabat yang berwenang;
  6. Menyertakan surat rekomendasi dari pimpinan, dosen atau tokoh lain yang memiliki kredibilitas di bidangnya dan mengenal pelamar dengan baik (bagi masyarakat umum);
  7. Telah memiliki pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun;
  8. Wajib kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan pendidikan;
  9. Lulusan Sarjana 1 (diprioritaskan) atau Diploma 4 dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (dari skala 4,0);
  10. Memiliki sertifikat TOEFL ITP dengan skor paling sedikit 530 atau TOEFL iBT 90 atau IELTS 6,5 (Bagi pelamar yang belum memiliki sertifikat TOEFL, iBT/IELTS, dapat menyerahkan sertifikat TOEFL ITP untuk seleksi internal beasiswa Kementrian Kominfo. Pelamar tetap harus memenuhi persyaratan Bahasa Inggris yang ditetapkan Mitra Perguruan Tinggi);
  11. Pelamar wajib mendaftar ke perguruan tinggi untuk penerimaan bulan Agustus/September Tahun 2023 atau Januari/Februari 2024;
  12. Memenuhi persyaratan khusus dari perguruan tinggi yang dituju;
  13. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin sedang atau  berat dan tidak pernah diajtuhi hukuman disiplin paling kurang tingkat sedang dalam satu tahun terakhir (bagi PNS / anggota TNI/POLRI); dan
  14. Memenuhi persyaratan penetapan tugas belajar sebagaimana dimaksud SE MENPAN RB Nomor 28 Tahun 2021 tentang Pengembangan Kompetensi Pegawai Negeri Sipil melalui Jalur Pendidikan (bagi PNS / anggota TNI/POLRI).

Persyaratan Khusus :

  1. Republik Rakyat Tiongkok – Tsinghua University

a. Pelamar beasiswa wajib mendaftar dan mengikuti tahap seleksi beasiswa ke Kementerian Kominfo terlebih dahulu, bersamaan dengan menyiapkan berkas persyaratan khusus perguruan tinggi;

b. Persyaratan khusus, dokumen yang harus diunggah dan sistem aplikasi daring Tsinghua dapat dilihat pada laman https://yz.tsinghua.edu.cn/en/Admissions/How_to_Apply.htm hingga bulan Maret 2023;

c. Biaya pendaftaran akan ditanggung oleh Kementerian Kominfo bagi pendaftar yang telah dinyatakan menjadi penerima beasiswa Kementerian Kominfo Tahun 2023.

      2. India – International Institute of Information Technology Bangalore (IIITB)

Pelamar wajib mengikuti tes daring yang diselenggarakan oleh IIITB dan akan difasilitasi oleh Kementerian Kominfo pada bulan Mei 2023 (Jadwal akan diinformasikan kemudian) dengan ragam tes sebagai berikut:

a. Kemampuan Bahasa Inggris;
b. Kompetensi umum (sejenis TPA);
c. Wawancara daring dengan Admissions Team IIITB.

     3. Hungaria – Eötvös Loránd University (ELTE)

Pelamar beasiswa wajib mendaftar ke perguruan tinggi secara mandiri untuk mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) bersamaan dengan pendaftaran beasiswa ke Kementerian Kominfo. Batas waktu pendaftaran ke Eötvös Loránd University pada tanggal 10 April 2023. Masing-masing pelamar wajib mengikuti ujian seleksi masuk yang diselenggarakan oleh ELTE.

       4. Belanda – University of Twente

Pelamar beasiswa wajib mendaftar ke perguruan tinggi secara mandiri untuk mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) bersamaan dengan pendaftaran beasiswa ke Kementerian Kominfo. Batas waktu pendaftaran ke Twente University pada tanggal 1 Mei 2023 untuk permulaan intake September 2023, dan 1 Oktober 2023 untuk permulaan intake Februari 2024.

      5. Jepang – The University of Electro Communications (UEC)

Pelamar beasiswa wajib mendaftar dan mengikuti tahap seleksi beasiswa ke Kementerian Kominfo terlebih dahulu, bersamaan dengan menyiapkan berkas persyaratan khusus perguruan tinggi. Masing-masing pelamar diwajibkan untuk menyusun proposal penelitian untuk mendaftar pada perguruan tinggi UEC. 

 

Dokumen Persyaratan Program Beasiswa S2 Luar Negeri Tahun 2023

Berkas pendaftaran yang harus diunggah pada saat pendaftaran ke website Beasiswa Kominfo adalah sebagai berikut:

  1. Scan KTP
  2. Scan Paspor hijau bagi masyarakat umum dan Paspor biru bagi PNS (jika telah tersedia)
  3. Salinan SK PNS (bagi PNS)
  4. Salinan SK Pengangkatan atau Perjanjian Kontrak (bagi Karyawan Swasta) atau Portofolio (bagi Wirausaha atau Pendiri start-up)
  5. Salinan Ijazah S1/D4
  6. Salinan Transkrip Akademik S1/D4
  7. Scan Sertifikat TOEFL/IELTS
  8. Outline rencana tugas akhir maksimal 1 halaman (judul, latar belakang, tujuan, dan manfaat yang sesuai dengan program Transformasi Digitalisasi Nasional)
  9. Surat Izin Atasan (bagi PNS/anggota TNI/POLRI sesuai dengan format lampiran III) atau Surat Rekomendasi dari pimpinan, tokoh kredibilitas di bidangnya dan mengenal pelamar dengan baik (bagi Masyarakat Umum sesuai dengan format lampiran IV)

 

Alur Penerimaan Program Beasiswa Kominfo

Tata Cara Pendaftaran

  • Peminat mendaftarkan diri secara online di https://penerimaan.ui.ac.id/ untuk pendaftaran Seleksi Masuk (SIMAK) Universitas Indonesia. Panduan lengkap pendaftaran tersedia pada halaman penerimaan UI.
  • Setelah dinyatakan LULUS pada seleksi penerimaan di UI, calon penerima beasiswa akan menjalani seleksi lanjutan di Kementerian Kominfo dengan mempertimbangkan aspek-aspek akademis maupun kesesuaian dan kelengkapan berkas-berkas pendaftaran.
  • Pendaftar program beasiswa internal Kominfo, permohonan diajukan langsung oleh PNS calon penerima beasiswa.
  • Peserta yang dinyatakan sebagai penerima beasiswa Kementerian Kominfo akan mendapatkan SK Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, kemudian menandatangani Surat Perjanjian di atas materai.

Kurikulum MTI eGov (Peserta ASN)

Semester 1

  • Infrastruktur TI (3 SKS)
  • Analisis Kebutuhan & Perancangan SI ( 3 SKS)
  • Manajemen Data (3 SKS)
  • Sistem Informasi Perusahaan ( 3 SKS)
  • Pemerintahan Cerdas ( 3 SKS)

Semester 2

  • Metodologi Kajian Studi Kasus ( 3 SKS)
  • Manajemen Perubahan & Proyek TI ( 3 SKS)
  • Manajemen Strategis SI ( 3 SKS)
  • Dinamika Tim Perangkat Lunak ( 3 SKS)
  • Kuliah Pilihan

Semester 3

  • Manajemen Informasi Korporat ( 3 SKS)
  • Tugas Akhir - Proposal ( 4 SKS)
  • Diseminasi Hasil Penelitian ( 2 SKS)
  • Mata Kuliah Pilihan 1 ( 3 SKS)
  • Mata Kuliah Pilihan 2 ( 3 SKS)

Semester 4

  • Tugas Akhir - Seminar Hasil Penelitian ( 4 SKS)
  • Tugas Akhir - Tesis
  • Mata Kuliah Pilihan( 3 SKS)

Kurikulum MTI eGov (Peserta Umum)

Semester 1

  • Infrastruktur TI ( 3 SKS)
  • Analisis Kebutuhan & Perancangan SI ( 3 SKS)
  • Manajemen Data ( 3 SKS)
  • Sistem Informasi Perusahaan ( 3 SKS)
  • Kewirausahaan Bisnis Perangkat Lunak

Semester 2

  • Metodologi Kajian Studi Kasus ( 3 SKS)
  • Manajemen Perubahan & Proyek TI ( 3 SKS)
  • Manajemen Strategis SI ( 3 SKS)
  • Dinamika Tim Perangkat Lunak ( 3 SKS)
  • Kuliah Pilihan

Semester 3

  • Manajemen Informasi Korporat ( 3 SKS)
  • Tugas Akhir - Proposal ( 4 SKS)
  • Diseminasi Hasil Penelitian ( 2 SKS)
  • Kuliah Pilihan Pilihan 1 ( 3 SKS)
  • Kuliah Pilihan Pilihan 2 ( 3 SKS)

Semester 4

  • Tugas Akhir - Seminar Hasil Penelitian ( 4 SKS)
  • Tugas Akhir - Tesis
  • Kuliah Pilihan Pilihan ( 3 SKS)

Daftar Mata Kuliah Pilihan

Enterprise Software Solutions

Strategic IT Applications

IS/IT Governance

Cyber Security

Business Analytics

Pengelola Program MTI E-gov

Program Studi Magister Teknologi Informasi (MTI)

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia Gedung MTI/Pusat Ilmu Komputer Jalan Salemba Raya 4, Jakarta Pusat 10430

+62 21-3106014
mti@cs.ui.ac.id

Senin – Jum’at 9:00A.M. – 5:00P.M.

Profil Lulusan

Lulusan dari program studi MTI-Fasilkom UI akan menerima gelar Magister Teknologi Informasi (M.T.I.). Lulusan MTI-Fasilkom UI diharapkan mempunyai kemampuan dan kompetensi untuk menjembatani bidang TI dan bisnis/organisasi. Para lulusan mendapatkan nilai tambah berupa kemampuan penyelesaian masalah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi berdasarkan kajian studi kasus bersama akademisi dan praktisi. Di samping itu, peserta mendapatkan keahlian dalam mengartikulasi masalah atau solusi teknis dalam lintas organisasi, maupun dengan bahasa bisnis.

Penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024 sudah dibuka. Informasi jalur penerimaan dan jadwal penerimaan mahasiswa, serta pendaftaran online calon mahasiswa baru selengkapnya dapat diakses melalui tautan-tautan berikut.