Open House Lab Riset Machine Learning and Computer Vision (MLCV) di Fasilkom UI

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Open House Lab Riset Machine Learning and Computer Vision (MLCV) di Fasilkom UI

Depok, 19 September 2024 – Pada tanggal 13 September 2024, Laboratorium Riset Machine Learning and Computer Vision (MLCV) di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) mengadakan kegiatan Open House yang bertujuan untuk memperkenalkan riset dan kegiatan di laboratorium tersebut kepada mahasiswa Fasilkom UI yang memiliki minat dalam bidang tersebut. Acara ini berlangsung di aula gedung B Fasilkom UI ini sekaligus menjadi momen peluncuran program Magang Riset MBKM di lab MLCV dan website baru lab MLCV (mlcv.cs.ui.ac.id).  

Acara dimulai dengan sambutan dari Prof. Aniati Murni Arymurthy, pendiri Lab MLCV. Dalam pengantarnya, Prof. Aniati menjelaskan sejarah berdirinya laboratorium ini dan visi serta misi yang diusung. “Lab MLCV didirikan untuk mendorong penelitian inovatif dalam bidang machine learning dan computer vision, yang merupakan dua bidang penting dalam perkembangan teknologi saat ini,” ungkapnya.

Selanjutnya, Dr. Erdefi Rakun, Ketua Lab, memperkenalkan anggota-anggota lab yang terdiri dari para peneliti dan akademisi berpengalaman. Ia menjelaskan bahwa tim ini berkomitmen untuk menciptakan penelitian yang berdampak dan aplikatif. “Kami memiliki anggota dengan latar belakang yang beragam, yang memungkinkan kami untuk mengeksplorasi berbagai aspek dari machine learning dan computer vision,” kata Dr. Erdefi.

Adila Alfa Krisnadhi, Ph.D., juga turut memberikan penjelasan mengenai dasar-dasar machine learning. Dalam presentasinya, Adila menguraikan konsep dasar dan aplikasinya di berbagai industri, dari kesehatan hingga keuangan. “Machine learning memungkinkan kita untuk membuat prediksi berdasarkan data yang ada. Ini adalah alat yang sangat powerful jika digunakan dengan benar,” jelasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi oleh Dr. Eng. Laksmita Rahadianti yang bertindak sebagai MC sekaligus memberikan pengantar tentang computer vision. Laksmita menjelaskan bagaimana computer vision berfungsi dalam pengolahan citra dan video, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam sistem pengenalan wajah dan kendaraan otonom. “Computer vision adalah salah satu bagian penting dari teknologi masa depan yang akan mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia,” imbuhnya.

Kegiatan Open House ini semakin menarik dengan sesi panel yang menghadirkan narasumber-narasumber, antara lain Prof. Heru Suhartanto, Prof. T Basaruddin, Dr. Dina Chahyati, Dr. Dinial Nurul Utami, Dr. Kurniawati Azizah, Vektor Dewanto, Ph.D., Aruni Yasmin Azizah, M.Kom, dan Syifa Nurhayati, M.Kom. Mereka berbagi pengalaman dan penelitian terbaru mereka dalam bidang machine learning dan computer vision, serta menjawab pertanyaan dari peserta. Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, Lab MLCV berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam penelitian yang memberikan dampak positif bagi masyarakat.