Fakultas Ilmu Komputer UI Raih Gelar Juara Umum Gemastik 17, Membawa Pulang 9 Medali

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Fakultas Ilmu Komputer UI Raih Gelar Juara Umum Gemastik 17, Membawa Pulang 9 Medali

Depok, 25 September 2024 – Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) baru saja mencatatkan prestasi yang membanggakan di ajang Gemastik 17 2024, yang berlangsung di Universitas Negeri Semarang. Fasilkom UI berhasil meraih gelar juara umum dengan torehan 4 medali emas, 4 medali perak, 1 medali perunggu, dan 2 juara harapan. Gelar juara umum telah dicatatkan Fasilkom UI sebanyak 9 kali, dari 17 kali perlombaan semenjak perlombaan ini pertama kali diadakan.

Keberhasilan tim Fasilkom UI tidak terlepas dari kerja keras dan dedikasi mahasiswa dalam berbagai bidang kompetisi. Kontingen dari Fasilkom UI terdiri dari 21 kelompok yang ikut serta dalam 9 cabang perlombaan. Tim terdiri dari 3S : 2 Silver 1 Shane, sqrt(9)GAG, Steven x Steven, Frekensam, Go Go Gemastik, GasinAja, Ilmu Padi 1, CyberPewPew, HengkerNgangNgong, is_intern=False, Gemestik Kubik, Three Layers, Three Outliers, Ally, Gemes.in, JINAKi, DROP TABLE USER, BrainBytes, ketikdatamahal, NaviGo, dan SIGMA.

Dalam kategori Pemrograman, juara pertama diraih oleh tim “sqrt(9)GAG” yang terdiri dari Arvin, Mahartha Gemilang, dan Muflih Naufal Maxi. Juara kedua adalah tim “Steven x steven” yang terdiri dari Nyoo Steven Christopher Handoko, Steven Novaryo, dan Uttsada Jason, keduanya dibimbing oleh Bapak Denny, Ph.D.

Di bidang Penambangan Data, juara pertama adalah tim “Three Outliers” yang terdiri dari Eduardus Tjitrahardja, Ikhlasul Akmal Hanif, dan Rahmat Bryan Naufal, dibimbing oleh Ibu Dr.Eng. Laksmita Rahadianti. Juara kedua adalah tim “Three Layers” yang terdiri dari Belati Jagad Bintang Syuhada, Eryawan Presma Yulianrifat, dan Ghana Ahmada Yudistira, dibimbing oleh Bapak Alfan Farizki Wicaksono, Ph.D. Juara Harapan Satu adalah tim “Gemestik Kubik” yang terdiri dari Faiz Assabil Firdaus, Karolina Jocelyn, dan M. Arvin Wijayanto, dibimbing oleh Adila Alfa Krisnadhi, S.Kom., M.Sc., Ph.D.

Untuk Desain Pengalaman Pengguna, harapan pertama adalah tim “Jinaki” yang terdiri dari Carissa Almira Yudiva, Naila Azizah, dan Vladi Jingga Mentari, dengan pembimbing Ibu Dr. Eng. Lia Sadita dan Prof. Yudho Giri Sucahyo, Ph.D.

Di kategori Karya Tulis TIK, juara kedua adalah “BrainBytes” yang ditulis oleh Lim Bodhi Wijaya, Sri Saraswati Widhisari, dan Yosef Nuraga Wicaksana, dengan pembimbing Bapak Ari Saptawijaya, Ph.D.

Dalam Pengembangan Perangkat Lunak, juara pertama diraih oleh tim “NaviGo” yang terdiri dari Bryan Jeshua Mario Timung, Juan Dharmananda Khusuma, dan Robert Benyamin, dibimbing oleh Bapak Dr. Ade Azurat.

Kategori Pengembangan Aplikasi Permainan melihat juara ketiga jatuh pada tim “Go Go Gemastik,” yang terdiri dari Alizza Deli Satria, Balqis Asy-Syifa Lumbun, dan Daril Muhammad Rafan Syah, dengan pembimbing Bapak Ichlasul Affan, M.Kom.

Terakhir, dalam Pengembangan Bisnis TIK, juara pertama diraih oleh tim “GasinAja,” yang terdiri dari Mochammad Wahyu Suryansyah, Rizki Faiq Akbar, dan Surya Raavi Adiputra, dibimbing oleh Ibu Hana Fitriani, M.Sc. Juara kedua adalah tim “Ilmu Padi,” yang terdiri dari Clara Aurelia Setiady, Claudia Paskalia Koesno, dan Theodore Kevin Himawan, dibimbing oleh Prof. Putu Wuri Handayani.

Muhammad Hafizhuddin Hilman, S.Kom., M.Kom., Ph.D., Manajer Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Fasilkom UI, menambahkan, “Gemastik adalah platform yang tepat bagi mahasiswa untuk mengekspresikan kreativitas dan keahlian mereka. Prestasi ini menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berkarya dan berpartisipasi dalam kompetisi di masa depan.”

Prof. Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc., Dekan Fasilkom UI, menyatakan, “Kemenangan ini adalah hasil kerja keras dan komitmen luar biasa dari mahasiswa kami. Kami sangat bangga dengan prestasi ini, yang menunjukkan bahwa mahasiswa Fasilkom UI tidak hanya unggul dalam teori, tetapi juga mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat nasional.”

Selain itu, Mahasiswa Fasilkom yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan kompetisi mahasiswa nasional selain akan mendapatkan insentif berupa dana pembinaan, mereka juga akan diapresiasi dengan kredit (SKS) dalam bentuk transfer blok yang akan mempercepat pelaksanaan studi mereka di Fasilkom. Dengan pencapaian yang luar biasa ini, Fasilkom UI membuktikan bahwa dedikasi dan semangat inovasi dapat menghasilkan prestasi yang membanggakan. Keberhasilan ini diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk terus mengejar cita-cita dan berkontribusi dalam perkembangan teknologi informasi di Indonesia.