Fasilkom UI Kenalkan Lingkungan Akademik kepada Mahasiswa S1 melalui PSAF 2024

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Fasilkom UI Kenalkan Lingkungan Akademik kepada Mahasiswa S1 melalui PSAF 2024

Depok, 20 Agustus 2023 — Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) telah melangsungkan acara Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) untuk mahasiswa baru program sarjana pada 15 dan 16 Agustus 2024. Acara ini merupakan momen penting untuk memperkenalkan mahasiswa baru kepada lingkungan akademik dan fasilitas yang tersedia di Fasilkom UI.

Pada periode penerimaan mahasiswa S1 tahun akademik 2024/2025, Fasilkom UI, menerima 193 mahasiswa untuk program Ilmu Komputer, 227 mahasiswa untuk program Sistem Informasi, dan 38 mahasiswa untuk program Kelas Internasional.

Dalam pidato pembukaannya, Dekan Fasilkom UI, Prof. Dr. Petrus Mursanto, mengungkapkan, “PSAF Fasilkom UI lebih dari sekadar acara perkenalan, ini adalah jembatan menuju kesuksesan akademik. Kami ingin memastikan mahasiswa baru tidak hanya tahu, tetapi juga memahami dan memanfaatkan semua fasilitas dan sumber daya yang tersedia untuk mendukung perjalanan mereka di Fasilkom UI”.

Selama dua hari acara PSAF, para mahasiswa baru diberikan kesempatan untuk mengikuti serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mempermudah adaptasi mereka di kampus. Rangkaian acara meliputi tur kampus yang mencakup gedung lama dan gedung baru Fasilkom UI Depok, serta penjelasan mendalam tentang peraturan akademik yang dipaparkan oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, Bapak Ari Saptawijaya, Ph.D.

Selain itu, mahasiswa baru juga mendapat informasi mengenai kurikulum kelas internasional untuk program studi Sarjana Sistem Informasi oleh Dr. Putu Wuri Handayani dan program studi Sarjana Ilmu Komputer oleh Bapak Alfan Farizki Wicaksono, Ph.D.

Sebagai bagian dari PSAF, mahasiswa baru berkesempatan untuk bertemu dan berdiskusi dengan dosen pembimbing akademik mereka, yang akan membantu mereka merencanakan pendidikan dan jalur akademik mereka selama masa studi di Fasilkom UI.

Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi transisi mahasiswa baru ke dalam kehidupan akademik mereka dengan memberikan informasi yang relevan dan membangun hubungan yang konstruktif antara mahasiswa dan fakultas. Dengan demikian, PSAF diharapkan dapat memberikan dasar yang kuat bagi mahasiswa baru untuk mencapai kesuksesan akademik mereka di Fasilkom UI.