Dies Natalis ke-36 Fasilkom UI: Sinergi Lintas Generasi, Kontribusi Untuk Negeri

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Dies Natalis ke-36 Fasilkom UI: Sinergi Lintas Generasi, Kontribusi Untuk Negeri

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menggelar perayaan Dies Natalis ke-36 secara offline untuk pertama kalinya semenjak pandemi COVID-19. Perayaan ini berlangsung di Auditorium Dr. Indro Suwandi, Gedung baru Fasilkom UI kampus Depok pada Rabu, 26 Oktober 2022. Acara bertajuk “Sinergi Lintas Generasi, Kontribusi Untuk Negeri” ini juga disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Fasilkom UI. 

Sejumlah acara seperti, Gelar Karya Seni (13-15 Juni 2022), The 14th International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS) dan The 7th International Workshop on Big Data and Information Security (IWBIS) 1-3 Oktober 2022, dan Computer Festival (COMPFEST) 30 Oktober 2022 menjadi rangkaian acara Dies Natalis ke-36 Fasilkom UI sepanjang tahun 2022. Dekan Fasilkom UI, Dr. Ir. Petrus Musanto, M.Sc. mengungkapkan perayaan puncak Dies Natalis ke-36 Fasilkom UI ini merupakan suatu kolaborasi antara Fasilkom UI dan para alumninya untuk dapat saling bersinergi terkait dengan sistem penerapan outcome-based education (OBE) di perguruan tinggi.

“Acara perayaan puncak Dies Natalis kita kali ini ingin mengangkat kiprah para alumni, Fasilkom UI sejauh ini memiliki total alumni sebanyak 8.053 dari berbagai jenjang. Atas dasar hal tersebut kami, Fasilkom UI, berharap untuk selalu bisa berkoordinasi dan bekerjasama dengan para alumni karena era pembelajaran berbasis OBE saat ini banyak memiliki indikator capaian yang diukur melalui feedback dari para alumni, bagaimana kebermanfaatan para alumninya di tengah kehidupan masyarakat. Jadi mudah-mudahan kita terus tetap bisa bersinergi, bekerjasama dengan baik untuk melaporkan capaian-capaian ini,” ungkap Dekan Mursanto. 

(kiri) Dodi Darunrio – Fasilkom UI 1995, (tengah) Amir Syarifuddin – Fasilkom UI 2000, dan (kanan) Reza Mauliadi – Fasilkom UI 2011 saat dalam sesi talkshow acara puncak Dies Natalis ke-36 Fasilkom UI

Dalam acara perayaan puncak Dies Natalis ke-36 Fasilkom UI juga menghadirkan sesi talkshow dengan para alumni bertujuan untuk menggali lebih lanjut pengalaman cerita hingga kiat-kiat sukses yang diraih oleh para alumni Fasilkom UI. Acara yang di moderatori oleh Muhammad Nasri (S.Kom. 2002) beliau juga menceritakan pengalamannya berkuliah di Fasilkom UI sebelum kini menjabat sebagai Technology Strategy & Transformation Expert Deloitte Consulting South East Asia. Tiga orang narasumber lainnya yakni, Dodi Darunrio (S.Kom. 1995) COO Ecomindo; Amir Syarifuddin (S.Kom. 2000) Scrum Master Direktorak Jendral Pajak Republik Indonesia (RI); dan Reza Mauliadi (S.Kom. 2011) Engineering Manager aplikasi teknologi Flip.id.

Dalam sesi talkshow, Amir Syarifuddin selaku Scrum Master Direktorat Jendral Pajak RI mengatakan, sebagai menjadi seorang alumni Fasilkom UI kontribusi nyata yang digunakan dalam kehidupan masyarakat itu bukan hanya kemampuan teknis saja yang terus bertahan namun justru kemampuannya berpikir logis, sistematis. Hingga sampai pada akhirnya ia menerapkan hal-hal tersebut dalam segala bidang dan juga hal tersebutlah yang membuatnya berpikir untuk masuk ke dalam ranah pemerintah. “Karena jika saya pikir-pikir, ternyata memang butuh logika pemerintah itu. Jadi memang harusnya ada banyak orang-orang yang mau berpikir logis serta konsisten berpikir logis untuk bisa membangun pemerintahan yang lebih baik,” pungkas Amir. 

Acara juga turut dihadiri oleh sejumlah senior Fasilkom UI yakni, Prof. Dr. Toemin A. Masoem, M.Sc.; Prof. Dra. Belawati H. Widjaja, M.Sc., Ph.D; Prof. Drs. Heru Suhartanto, M.Sc., Ph.D dan jajaran manajemen yaitu, Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, Bapak Ari Saptawijaya, S.Kom., M.Sc., Ph.D serta Wakil Dekan bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum, Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom dan Direktur Pusat Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Pusilkom UI), Bapak Denny, S.Kom., M.I.T., Ph.D. Penampilan UKF ASCIIPELLA dan sesi hiburan sekaligus ramah-tamah menjadi tanda bahwa berakhirnya perayaan puncak dies natalis ke-36 Fasilkom UI. 

Selama 36 tahun berdiri terhitung sejak tahun 1986, Fasilkom UI berawal dari program pendidikan Sarjana Ilmu Komputer lalu kemudian menjadi fakultas pada tahun 1993. Saat ini Fasilkom UI memiliki dua program studi sarjana, dua program studi magister, dan satu program studi doktor.